Rabu, 02 Oktober 2013

Perilaku konsumen dan cakupan prilaku konsumen

PENDAHULUAN 1



Prilaku Konsumen dan Cakupan Prilaku Konsumen

Siapa sebenarnya konsumen itu ?
Dalam mempelajari pemasaran tentunya kita sudah sering mendengar tentang konsumen, pertanyaan yang saat ini timbul adalah taukah kalian siapakah yang di definisikan sebagai konsumen.
Pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah-tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, tidak ada maksud lain.

(Budiarto, teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta: gunadarma )

Dari definisi pasar konsumen kita dapat mendefinisikan bahwa konsumen adalah seseorang (individual) yang mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, dan tidak memiliki maksud lain.

Selain itu kita dapat melihat definisi konsumen menurut hukum tertulis sebagaimana PASAL 1 ANGKA 2 UU NO. 8 TAHUN 1999 yang mendefinisikan Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak diperdagangkan

Dalam menjalankan usaha konsumen memberikan permintaan yang harus di di penuhi kebutuhannya, apabila kita dapat melihat peluang deman tersebut maka kita dapat membuat suatu usaha yang mungkin dapat menghasilkan profit apabila kita melakukan sebuah reset atau penelitian lebih lanjut sebelum menjalankan usaha yang di hasilkan peluangan yang kita dapatkan dari kebutuhan konsumen.

Ciri-ciri konsumen :
Dua wujud konsumen

1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.

2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.


Kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian konsumen
1.       Membantu mereka untuk mengetahui  keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen.

2.       Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang menjadi sasaran dan media baru, gunakan non-media, capailah konsumen di toko, tajamkan promosi, bekerja sama dengan pengecer.


                                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar