PENDAHULUAN 1
Prilaku Konsumen dan Cakupan Prilaku Konsumen
Prilaku Konsumen dan Cakupan Prilaku Konsumen
Siapa
sebenarnya konsumen itu ?
Dalam
mempelajari pemasaran tentunya kita sudah sering mendengar tentang konsumen, pertanyaan
yang saat ini timbul adalah taukah kalian siapakah yang di definisikan sebagai konsumen.
Pasar
konsumen adalah
kelompok individual (perorangan maupun rumah-tangga) yang membeli dan
mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya,
tidak ada maksud lain.
(Budiarto,
teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta: gunadarma )
Dari
definisi pasar konsumen kita
dapat mendefinisikan bahwa konsumen adalah
seseorang (individual) yang mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan
pribadi maupun keluarganya, dan tidak memiliki maksud lain.
Selain
itu kita dapat melihat definisi konsumen menurut hukum tertulis sebagaimana PASAL
1 ANGKA 2 UU NO. 8 TAHUN 1999 yang mendefinisikan Konsumen adalah setiap orang
pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi
kepentingan sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak
diperdagangkan
Dalam
menjalankan usaha konsumen memberikan permintaan yang harus di di penuhi
kebutuhannya, apabila kita dapat melihat peluang deman tersebut maka kita dapat
membuat suatu usaha yang mungkin dapat menghasilkan profit apabila kita
melakukan sebuah reset atau penelitian lebih lanjut sebelum menjalankan usaha
yang di hasilkan peluangan yang kita dapatkan dari kebutuhan konsumen.
Ciri-ciri
konsumen :
Dua
wujud konsumen
1.
Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk penggunaannya sendiri.
2.
Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau
jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
Kekuatan utama yang
dapat mempertajam penelitian konsumen
1. Membantu mereka untuk mengetahui keinginan, kebutuhan sekaligus
dengan kepuasan konsumen.
2. Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah
kenalilah konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang
menjadi sasaran dan media baru, gunakan non-media, capailah konsumen di toko,
tajamkan promosi, bekerja sama dengan pengecer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar