Rabu, 02 Oktober 2013

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

Pengertian Segmentasi Pasar dan Kepuasan Konsumen
Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berprilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar sekarang berprilaku lebih seragam. Atau proses mengkelompokanbagian-bagian pasar yang berprilaku sama dari keseluruhan prilaku pasar yang beragam.

Pengertian Segementasi Pasar menurut ahli :
a. Pride & Ferrel (1995)
mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli dan sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.

b. Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.254)
pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama (Kotler, 2005, p.307).


Dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen sebuah perusahaan harus melakukan segmentasi pasar untuk melihat peluang yang ada, karena output dari sebuah segmentasi pasar adalah informasi tentang pasar sehingga perusahaan mengetahui produk apa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan konsumen.

Basis Segmentasi Pasar
Basis segmentasi pasar (pembagian pasar) bagi produk perusahaan satu dengan yang lain belum tentu sama. Basis segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat digunakan adalah aspek :
ü  Geografis ( wilayah, pemukiman, perkotaan, dsb)
ü  Demografis( usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan pekerjaan, Dsb)
ü  Psikografis( sikap, motivasi, presepsi, dsb) 
ü  prilaku yang lebih seragam( membeli, mengkonsumsi, dsb) 

Proses segmentasi pasar meliputi :
identifikasi basis segmentasi pasar> mengumpulkan informasi pasar> mengembangkan komposisi profil segmen>analisis peluang pasar>penetapan peluang pasar

Penetapan Sasaran Pasar
Penentuan pasar dilakukan untuk menentukan segmentasi yang akan di lakukan oleh perusahaan untuk mengelompokan pasar sebelum melakukan segmentasi pasar, Faktor yang perlu di perhatikan dalam menentukan dalam penetapan pasar :
ü  Luas dan pertumbuhan segmen pasar
ü  Struktur pasar
ü  Tujuan dan kapasitas perusahaan

kriteria efektifitas segmentasi pasar :
accessable (dapat dijangkau)
measureabe( dapat di ukur)
profitable(memberikan keuntungan


Segmentasi dan Profitabilitas :
Untuk mengukur efektifitas atau keberhasilan segmentasi pasar dapat di ukur dengan teori profitabilitas, apakah kegiatan segmentasi pasar yang dilakukan berpengaruh atau tidak terhadap keuntungan yang di dapat perusahaan.

(Budiarto, Teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta : penerbit Gunadarma)

Contoh perusahaan :
Nama
:
Agung Podomoro Land Tbk
Kode
:
APLN
Alamat Kantor
:
Podomoro City - APL Tower, Lt. 45 Jl. Letjen. S. Parman Kav. 28 Jakarta 11470
Alamat Email
:
No. Telepon
:
021-29034567
Faks
:
021-29034556
NPWP
:
02.380.812.4-038.000
NPKP
:
-
Situs
:
Tanggal IPO
:
11-Nop-2010
Papan
:
Utama
Bidang Usaha Utama
:
Pengembangan, pengelolaan dan penyewaan properti terpadu yang meliputi apartemen, perhotelan, perkantoran, pusat perbelanjaan dan pusat rekreasi beserta fasilitasnya
Sektor
:
PROPERTY, REAL ESTATE AND BUILDING CONSTRUCTION
Sub Sektor
:
PROPERTY AND REAL ESTATE
Biro Administrasi Efek
:
PT Datindo Entrycom



Company at a glance


PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) is a leading integrated diversified real estate owner, developer and manager in the retail, commercial, and residential real estate segments with diversified holdings. We have an integrated property development model, from land acquisition and/or sourcing, to design and development, to project management, sales, commercial leasing and marketing, to the operation and management of our superblock developments, shopping malls, offices, hotels, and residential apartments and houses. We are known as a pioneer of the superblock development. Our high quality landmark projects, to name a few are Podomoro City, Kuningan City, and Senayan City.

APLN was established on July 30, 2004 under the name PT Tiara Metropolitan Jaya. In 2010, our shareholders completed a corporate restructuring, pursuant to which six developments and their holding companies were transferred to our control.APLN, is the flagship listed entity (IDX:APLN) of Agung Podomoro Group (APG), is one of the fastest growing and largest real estate developers in Indonesia with interests in superblocks, retail properties, office, apartments and residential, and hotels.APG established its first development, a housing complex in Simprug area, South Jakarta, in 1969 and completed itsconstruction in 1973. From 1973 to present, members of APG completed or begun construction of more than 70 propertyprojects, with majority addressed to middle class segments of society, with projects ranging from low cost apartments to high end apartments in South Jakarta, high end and the neighborhood mall, shop houses, hotels and office towers.

APLN combines a visionary approach to design with an emphasis on rapid execution and time to market. With our unique business model, we adopt fast churn concept with high capital turnover. Unlike other developers with massive landbank, we will only manage sizeable landbank to be directly developed mostly into mixed-use/superblock in the city. Drawing on the experience and resources of the Agung Podomoro Group, we have been responsible for bringing a number of landmark properties on the market such as our flagship Central Park development and the high profile Senayan City Mall. We also pioneered the superblock concept, bringing together residential, retail, leisure and office space within one integrated high rise development complex to create a pleasant and extremely convenient urban living space, with both sale and lease components.

Our “Back to the City” campaign has continued to provide consumers with an alternate way of living through our one-stop-living high quality Superblock developments, which offer the possibility for a balanced and pleasant urban lifestyle to thousands of consumers.

By working quickly and efficiently, our flexible and scalable model keeps use of capital and resources to a minimum at any given time. In addition, capitalizing on our network and good brand name, our strong and experienced marketing team is typically able to generate strong advance interest for cash generation through sales, deposits, and installments. We also pay close attention to the mix of revenues streams coming from sales versus recurring revenues.





Segmentasi yang dilakukan Agung Podomoro Land:
Dalam artikel tentang profil perusahaanya kita dapat melihat Agung Podomoro Land melihat ada peluang yang tercipta akibat dari pertumbuhan penduduk yang begitu luar biasa di Indonesia, maka dari itu APL ini melihat peluang bisnis untuk membuat suatu inovasi tentang sebuah hunian yang berkualitas terbaik untuk kalangan atas demi mewujudkan kenyamanan serta kepuasan bagi para konsumennya, dalam hal ini APL memutuskan untuk menjalankan bisns properti dengan konsumen kalangan atas yang mapan tentunya agar mendapatkan kenyamanan bertempat tinggal.

Setiap proyek yang akan di kerjakan oleh APL selalu mempertimbangkan aspek geografis dalam hal ini merupakan lokasi terbaik untuk sebuah hunian maupun pusat perbelanjaan dengan akses yang mudah di jangkau serta memiliki kualitas terbaik di kelasnya, karena proyek yang di tangani memiliki sasaran kalangan atas maka semua detail perlu di kerjakan sebaik mungkin, tepat waktu dan tepat sasaran.

Dari segmentasi yang dilakukan ditemukanlah peluang yang dapat di manfaatkan  dan dengan konsistensinya terhadap bidang properti ini Agung Podomoro Land berhasil membuat inovasi baru sebagai pelopor super blok yang memiliki fasilitas yang lengkap mewah serta memenuhi kebutuhan kenyamanan bagi para konsumennya. Dan dapat kita lihat proyek super blok yang sangat terkenal dari Agung Podomoro Land adalah Central Park, selain itu proyek lainnya yang tidak kalah berkembangnya adalah podomoro land, senayan city mall dan masih banyak yang lainnya.

So from the Agung Podomoro land experience we can get the conclusion if we have the choice get it, if we consistant with the time we will find the success, not now but eventually will come for anyone who wanna try and it’s work.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar