Pengertian Segmentasi Pasar dan Kepuasan
Konsumen
Segmentasi
pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berprilaku heterogen menjadi
beberapa kelompok pasar sekarang berprilaku lebih seragam. Atau proses
mengkelompokanbagian-bagian pasar yang berprilaku sama dari keseluruhan prilaku
pasar yang beragam.
Pengertian
Segementasi Pasar menurut ahli :
a.
Pride & Ferrel (1995)
mengatakan
bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen
pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya
kesamaan perilaku pembeli dan sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan
menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara
relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.
b.
Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.254)
pasar
terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa
membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan
membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik,
masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu
penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing
pembeli. Segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan
pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan
kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar
dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar
terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama
(Kotler, 2005, p.307).
nisa
blog’s (2011)prilaku konsumen from http://husniaalfaini.blogspot.com/2011/01/perilaku-konsumen-segmentasi-pasar-dan.html
Dalam
memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen sebuah perusahaan harus melakukan
segmentasi pasar untuk melihat peluang yang ada, karena output dari sebuah
segmentasi pasar adalah informasi tentang pasar sehingga perusahaan mengetahui
produk apa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan konsumen.
Basis Segmentasi Pasar
Basis
segmentasi pasar (pembagian pasar) bagi produk perusahaan satu dengan yang lain
belum tentu sama. Basis segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat
digunakan adalah aspek :
ü Geografis ( wilayah,
pemukiman, perkotaan, dsb)
ü Demografis( usia, jenis
kelamin, pendapatan, pendidikan pekerjaan, Dsb)
ü Psikografis( sikap, motivasi,
presepsi, dsb)
ü prilaku yang lebih seragam(
membeli, mengkonsumsi, dsb)
Proses segmentasi pasar
meliputi
:
identifikasi
basis segmentasi pasar> mengumpulkan informasi pasar> mengembangkan
komposisi profil segmen>analisis peluang pasar>penetapan peluang pasar
Penetapan Sasaran Pasar
Penentuan
pasar dilakukan untuk menentukan segmentasi yang akan di lakukan oleh
perusahaan untuk mengelompokan pasar sebelum melakukan segmentasi pasar, Faktor
yang perlu di perhatikan dalam menentukan dalam penetapan pasar :
ü Luas dan pertumbuhan segmen
pasar
ü Struktur pasar
ü Tujuan dan kapasitas
perusahaan
kriteria efektifitas
segmentasi pasar
:
accessable
(dapat dijangkau)
measureabe(
dapat di ukur)
profitable(memberikan
keuntungan
Segmentasi dan Profitabilitas :
Untuk
mengukur efektifitas atau keberhasilan segmentasi pasar dapat di ukur dengan
teori profitabilitas, apakah kegiatan segmentasi pasar yang dilakukan
berpengaruh atau tidak terhadap keuntungan yang di dapat perusahaan.
(Budiarto,
Teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta : penerbit Gunadarma)
Contoh
perusahaan :
Nama
|
:
|
Agung
Podomoro Land Tbk
|
|
Kode
|
:
|
APLN
|
|
Alamat
Kantor
|
:
|
Podomoro
City - APL Tower, Lt. 45 Jl. Letjen. S. Parman Kav. 28 Jakarta 11470
|
|
Alamat
Email
|
:
|
||
No.
Telepon
|
:
|
021-29034567
|
|
Faks
|
:
|
021-29034556
|
|
NPWP
|
:
|
02.380.812.4-038.000
|
|
NPKP
|
:
|
-
|
|
Situs
|
:
|
||
Tanggal
IPO
|
:
|
11-Nop-2010
|
|
Papan
|
:
|
Utama
|
|
Bidang
Usaha Utama
|
:
|
Pengembangan,
pengelolaan dan penyewaan properti terpadu yang meliputi apartemen,
perhotelan, perkantoran, pusat perbelanjaan dan pusat rekreasi beserta
fasilitasnya
|
|
Sektor
|
:
|
PROPERTY,
REAL ESTATE AND BUILDING CONSTRUCTION
|
|
Sub
Sektor
|
:
|
PROPERTY
AND REAL ESTATE
|
|
Biro
Administrasi Efek
|
:
|
PT
Datindo Entrycom
|
Company at a glance
PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) is a
leading integrated diversified real estate owner,
developer and manager in the retail, commercial, and residential
real estate segments with diversified holdings. We have an integrated property development model, from land acquisition and/or sourcing, to design and development, to project management, sales, commercial leasing and marketing, to the operation and management of our superblock developments, shopping malls, offices, hotels, and residential apartments and houses. We are known as a pioneer of the superblock development. Our high quality landmark projects, to name a few are Podomoro City, Kuningan City, and Senayan City.
APLN was established on July 30, 2004
under the name PT Tiara Metropolitan Jaya. In
2010, our shareholders completed a corporate restructuring,
pursuant to which six developments and their holding companies
were transferred to our control.APLN, is the flagship listed entity (IDX:APLN) of Agung Podomoro Group (APG), is one of the fastest growing and largest real estate developers
in Indonesia with interests in superblocks, retail properties, office, apartments and residential, and hotels.APG established its first
development, a housing complex in Simprug area, South Jakarta,
in 1969 and completed itsconstruction in 1973. From 1973 to present, members of
APG completed or begun construction of more than 70 propertyprojects,
with majority addressed to middle class segments of society, with projects ranging from low cost apartments to high end apartments in South Jakarta, high end and the neighborhood mall, shop houses, hotels and office towers.
APLN combines a visionary approach to
design with an emphasis on rapid execution and
time to market. With our unique business model, we adopt fast churn concept with
high capital turnover. Unlike other developers with massive landbank, we will
only manage sizeable landbank to be directly developed mostly into mixed-use/superblock in the city. Drawing on the experience and resources of the Agung Podomoro Group, we have been responsible for bringing a number of landmark properties on the market such as our flagship Central Park development and the high profile Senayan City Mall. We also pioneered the superblock concept, bringing together residential, retail, leisure and office space within one integrated high rise development complex to create a pleasant and extremely convenient urban living space, with both sale and lease components.
Our “Back to the City” campaign has
continued to provide consumers with an alternate way of living through our one-stop-living high
quality Superblock developments, which offer the
possibility for a balanced and pleasant urban lifestyle to
thousands of consumers.
By working quickly and efficiently, our
flexible and scalable model keeps use of capital and resources to a minimum at any given time.
In addition, capitalizing on our network and good brand name, our strong and
experienced marketing team is typically able to generate strong advance
interest for cash generation through sales, deposits, and installments. We also
pay close attention to the mix of revenues streams coming from sales versus
recurring revenues.
Segmentasi yang
dilakukan Agung Podomoro Land:
Dalam artikel
tentang profil perusahaanya kita dapat melihat Agung Podomoro Land melihat ada
peluang yang tercipta akibat dari pertumbuhan penduduk yang begitu luar biasa
di Indonesia, maka dari itu APL ini melihat peluang bisnis untuk membuat suatu
inovasi tentang sebuah hunian yang berkualitas terbaik untuk kalangan atas demi
mewujudkan kenyamanan serta kepuasan bagi para konsumennya, dalam hal ini APL memutuskan
untuk menjalankan bisns properti dengan konsumen kalangan atas yang mapan
tentunya agar mendapatkan kenyamanan bertempat tinggal.
Setiap proyek
yang akan di kerjakan oleh APL selalu mempertimbangkan aspek geografis dalam
hal ini merupakan lokasi terbaik untuk sebuah hunian maupun pusat perbelanjaan
dengan akses yang mudah di jangkau serta memiliki kualitas terbaik di kelasnya,
karena proyek yang di tangani memiliki sasaran kalangan atas maka semua detail
perlu di kerjakan sebaik mungkin, tepat waktu dan tepat sasaran.
Dari segmentasi
yang dilakukan ditemukanlah peluang yang dapat di manfaatkan dan dengan konsistensinya terhadap bidang
properti ini Agung Podomoro Land berhasil membuat inovasi baru sebagai pelopor
super blok yang memiliki fasilitas yang lengkap mewah serta memenuhi kebutuhan
kenyamanan bagi para konsumennya. Dan dapat kita lihat proyek super blok yang
sangat terkenal dari Agung Podomoro Land adalah Central Park, selain itu proyek
lainnya yang tidak kalah berkembangnya adalah podomoro land, senayan city mall
dan masih banyak yang lainnya.
So from the
Agung Podomoro land experience we can get the conclusion if we have the choice
get it, if we consistant with the time we will find the success, not now but
eventually will come for anyone who wanna try and it’s work.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar