Rabu, 12 Maret 2014

Pengertian Metode Ilmiah dan Sikap Ilmiah

Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, Pada artikel ini saya akan membahas tentang Metode ilmiah, Sikap Ilmiah dan hubungan keduanya

· Definisi Metode Ilmiah

Metode ilmiah adalah proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis.

Bukti fisis maksudnya ilmuan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya menjelaskan fenomena alam, Prediksi yang di buat berdasarkan hipotesis tersebut di uji dengan cara eksperimen. Jika hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori Ilmiah.


Menurut beberapa ahli Metode ilmiah adalah :
·         Almack, 1939 metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan penemuan
·         Ostlhele, 1975 metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh suatu interelasi
Dari berbagai macam definisi Metode ilmiah dapat kita simpulkan bahwa Metode Ilmiah merupakan proses keilmuan dengan cara menerapkan prinsip logis berdasarkan bukti fasis untuk memperoleh interelasi atau kesimpulan berupa teori ilmiah.

Unsur Utama dalam metode Ilmiah menurut artikel yang saya dapat adalah sebagai berikut:
 Merumuskan masalah
 Merumuskan hipotesis
Mengumpulkan data
Uji hipotesis

Keempat unsur utama ini merupakan life circle (tahapan) yang harus dilalui dalam metode Ilmiah hingga didapatkan kesimpulan berupa teori ilmiah yang dapat dibuktikan validitasnya.

· Definisi Sikap Ilmiah

Sikap ilmiah adalah sikap yang harus ada dalam diri seorang ilmuan atau akademisi dalam menghadapi persoalan-persoalan ilmiah.

Definisi Sikap menurut para ahli :
·     (Soekidjo N, 2003) sikap merupakan reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap stimulus atau objek
·  (Noto atmodjo, 2003) sikap adalah kesiapan / kesediaan untuk bertindak dan bukan merupakan pelaksanaan motif tertentu.

Dari definisi sikap diatas, dapat disimpulkan bahwa sikap merupakan reaksi kesiapan untuk bertindak seseorang yang masih tertutup terhadap stimulus atau bisa diartikan melakukan sesuatu tanpa paksaan dan tujuan tertentu.

Adakah hubungan Metode Ilmiah dengan Sikap Ilmiah?

Metode Ilmiah merupakan cara menerapkan prinsip logis/ proses keilmuan dalam sebuah teori Ilmiah.

sedangkan Sikap Ilmiah adalah sikap yang harus dimiliki seorang ilmuan untuk menghadapi persoalan ilmiah.

Metode Ilmiah dan Sikap Ilmiah merupakan 2 aspek yang saling berhubungan dalam proses terbentuknya Teori Ilmiah, karena Sikap Ilmiah merupakan hal yang mendukung peneliti menganalisis persoalan ilmiah dan Metode Ilmiah merupakan proses yang dilakukan oleh peneliti untuk memecahkan persoalan ilmiah yang dihadapi sehingga terciptalah Teori Ilmiah.

Sumber Artikel :













Tidak ada komentar:

Posting Komentar