Selasa, 27 Mei 2014

contoh resensi Novel

nah seperti yang saya janjikan dalam tulisan berikutnya ini dia salah satu novel favorit yang saya baca, sebuah novel terjemahan yang di keluarkan erlangga for kids ini membawa kita sebagai pembacanya masuk kedalam petualangan yang tidak terduga. 


Resensi Novel
Judul Novel : Ulysses Moore Peta yang Hilang
Penulis         : Pierdomenico Baccalario
Penerbit      : PT. Erlangga
Tebal          : 272 Halaman
Harga          : Rp 66.300

SINOPSIS
Buku ini menceritakan kelanjutan dari novel pertama Ulysses Moore pintu waktu, dimana dalam novel ke 2 ini diceritakan kembali sedikit flash back ketika Julia, Jasson dan Rick menemukan sebuah pintu waktu yang tersembunyi dalam rumah yang baru ditempatinya di Agro Manor, kemudia mereka mendapatkan petunjuk untuk masuk kedalam sebuah pintu waktu untuk memecahkan teka-teki yang di tinggalkan Ulysses Moore sebelum teka-teki tersebut di pecahkan oleh Oblivia Newton yang menginginkan harta karun dari Ulysses Moore.

Setelah masuk dalam pintu waktu terjadi sebuah kejadian yang mebuat Jasson dan Rick terpisah dengan Julia, julia kembali ke Agro manor sedangkan Jasson dan Rick terperangkap di masa lalu, hanya ada satau cara untuk kembali ke Agro Manor, yaitu mencari peta Kilimore Cove yang telah lama hilang.

Dan dalam perjalanan panjang mereka mendapatkan peta yang hilang tersebut banyak teka-teki yang harus dipecahkan dan banyak hal yang tidak terduga hadir dalam petualangan waktu Jasson dan Rick sampai ahirnya mereka bisa kembali ke Agro Manor dan berkumpul kembali dengan Julia dan Nestor.

UNSUR INTRINSIK NOVEL
 Tema
Petualangan dalam menemukan misteri Ulysses Moore

2. Latar Belakang
  • kilimore Cove
  • Agro Manor
  • Kota Punt
  • Ruang Koleksi kota punt

3. Alur
Novel ini menggunakan alur campuran  artinya dalam awal cerita terjadi flashback ke masa lalu dan kemudian menceritakan pula alur maju yaitu kejadian yang akan datang.

4. Gaya Bahasa
Menggunakan bahasa yang sangat mudah dimengerti oleh para pembacanya dan membuat pembaca seolah dapat merasakan langsung petualangan para penjelajah waktu

5. Amanat
- Dalam mengerjakan berbagai hal harus dipikirkan dengan matang
- jika kita bekerja sama maka kita akan menemukan jalan yang lebih baik untuk mencapa tujuan
- jadi lah orang yang disenangi dibandingkan orang yang disegani karena orang yang disenangi akan lebih mudah berteman dengan siapa saja
- orang yang baik selalu menang

6. Penokohan
- Jasson : merupakan anak laki-laki yang baru saja pindah ke kilimore cove
- Julia     : merupakan saudari kembar dari Jasson
- Rick     : merupakan teman baru Jasson dan Julia yang tinggal di Kilimore Cove
- Nestor : merupakan penunggu rumah Agro Manor tempat Julia dan Jasson tinggal
- Ulysses Moore : merupakan pemilik lama Agro Manor sebelum keluarga Jasson dan Julia
- Oblivia Newton: wanita jahat yang mencari jejak keberadaan kota punt yang di temukan Ulysses Moore
- Maruk    : merupakan anak pustakawan agung di kota punt sekaligus teman baru Jasson dan Rick

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NOVEL

Kelebihan
Dalam novel ini, terdapat kata-kata yang membuat kita terinspirasi untuk berimajinasi tentang petualangan yang seru . Ditambah lagi penggunaan bahasa yang mudah dimengerti dan penempatan setting waktu dan tempat yang sangat detail selain itu di seriap bab diberikan gambaran yang berhubungan dengan cerita dan klu yang di temukan oleh para petualang waktu sehingga membuat pembaca berimajinasi masuk kedalam cerita dan membuat cerita di dalamnya menjadi lebih menarik.

2. Kekurangan
Karena novel terjemahan maka gambaran imajinasi untuk novel ini mengambil latar yang berbeda sehingga memberikesan asing untuk membayangkan setting yang diceritakan secara pasti.

sekian resensi dari novel ini, ada yang udah baca novelnya? kalo belum artikel selanjutnya saya akan ceritakan ringkasan cerita dalam buku ini penasaraan ? tunggu tanggal mainnya hehe ...






                                                  

1 komentar: