Rabu, 28 Mei 2014

cuplikan novel

Nah seperti yang saya janjikan di artikel sebelumnya yang belum pernah tau nihh buku Ulysses Moore kayak apa, ini tuh keren banget designnya seolah nyata buat kalian yang suka novel petualangan boleh nih koleksi bukunya Ulysses Moore, ini dia kerenya buku Ulysses Moore akan mebawa kita menjelajah ke masa lalu dengan gambar yang mendukung perjalanan imajinasi kita pembaca
.
Baru buka halaman utamanya ajah udah terasa terbawa kayak gini nih
keren kaan dan masih banyak lagi gambaran-gambaran yang akan membuat pembaca dimanjakan dengan imajinasi yang hmmm,, kebayangkan bertualang dengan gambar nyata pasti seruu...

Nah berikut cuplikan cerita dari buku ke 2 Ulysess Moore judulnya Peta yang Hilang yuk disimak dan siap-siap terkejut : 

Setelah buku pertama yang berjudul mesin waktu, dimana Jasson Julia dan Rick menemukan sebuah teka-teki dalam rumah barunya di argo manor yaitu metis, sebuah mesin waktu yang berbentuk bahtera dalam buku ke 2 ulysess moore ini menceritakan tentang peta yang hilang yaitu peta yang digunakan penjelajah waktu sebelumnya yaitu ulysess more.

Bab 1 Menunggu badai: dalam part ini diceritakan flash back ketika Jasson Julia dan Rick memecahkan teka-teki sebuah ruangan dengan kunci yang memiliki lambang Owl, Porcupine,Elephant, dan Newt yang jika di baca huruf awalnya menjadi OPEN.
Dari situlah petualangan penjelajahan waktu dimulai.

Bab 2 dinding :ketika berhasil membuka pintu Julia, Jasson dan Rick masuk kedalam ruangan misterius dan mendengar suara aneh, Jasson memeriksa suara aneh tersebut dan memerintahkan untuk lari, saat itu Julia terpisah dari Jasson dan Rick keluar dari ruangan misterius tersebut dan bertemu Nestor penunggu setia agro manor, dia berkata setelah masuk dalam ruangan misterius tersebut tidak ada yang kembali pulang.

Bab 3 tamu tengah malam : diceritakan tentang oblivia seorang wanita yang juga mengetahui keberadaan metis dan penjelajahan waktu, oblivia mengetahui jalan lain menuju penjelajahan waktu yaitu dengan masuk melalui rumah seorang wanita tua bernama cleopatra biggles.untuk mengejar Jasson Rick dan Julia yang telah berhasil menjelajah waktu menggunakan metis.

Bab 4 gadis kecil : ternyata bunyi misterius yang Jasson dengar adalah bunyi mesiu yang di sundut, setelah terjadi ledakan Jasson Rick terpisah dengan Julia, Jasson dan Rick bertemu gadis kecil dari seberang tembok yang hancur, setelah Jasson dan Rick sadar mereka terkejut melihat sekeliling dan menyadari mereka berada di tempat yang berbeda.

Bab 5 Maruk : setelah berbincang dan mengalami beberapa hal yang aneh Jasson dan Rick berkenalan dengan Maruk seorang gadis kecil dari mesir kuno bernama Maruk, Maruk merupakan anak seorang pustakawan pada zaman mesir kuno Maruk menjadi teman Jasson dan Rick sementara Julia menunggu dari agro minor bersama Nestor

Bab 6 teka-teki :
Rick dan Jasson menemukan beberapa petunjuk yang ditinggalkan Ulysess Moore yang merupakan sebuah teka-teki yang harus di pecahkan agar mereka bisa kembali dalam teka-teki tersebut bertuliskan :
Untuk sampai ke tujuan kau harus punya nasib baik dan bintang penuh berkat. Carilah peta di menara di bawah keempat tongkat wasiat.
Dalam memecahkan teka-teki ini Rick dan Jasson di bantuk Maruk teman baru mereka. Yang merupakan anak pustakawan agung di kota punt

Bab 7 Koleksi :
Setelah berhasil masuk ke dalam ruang koleksi Rick dan Jasson dipandu melihat koleksi yang disimpan dalam perpustakaan yang berisi arsip penting di kota punt termasuk arsip yang ditinggalkan ulysess more. Saat mereka berada dalam ruangan koleksi Rick, Jasson dan Maruk bertemu seorang wanita asisten pustakawan agung dan asisten tersebut menunjukkan sebuah karya pustakawan agung yang ternyata mirip dengan replika kapal metis Ulysess Moore.

Bab 8, 3 pergi, tiga harus kembali :
Sementara Julia dan Nestor yang berada di argo manor saling terbuka dengan apa yang terjadi, Nestor menceritakan apa yang diketahuinya tentang agro manor pada Julia.
Nestor menceritakan latar belakang keluarga moore pada Julia, dan menceritakan kemana ke 2 sodaranya pergi, mereka pergi ke negri punt mesir.
Nestor memberi tahu bahwa dalam penjelajahan waktu ketika 3 penjelajah masuk pintu waktu tak akan terbuka sebelum ketiganya kembali.
Sementara itu Rick Jasson mulai mendapat titik cerah tentang teka-teki yang di tinggalkan Ulysess Moore merupakan sebuah peta yang mungkin tersimpan dalam ruang arsip kota punt.

Bab 9, ratu pencuri :
Saat Rick dan Jasson akan mencari petunjuk lainnya tentang peta di pintu masuk perpustakaan terlihat obvilia newton sudah sampai di meja depan ruang koleksi. Dia memaksa untuk masuk menuju ruang koleksi dengan membawa kata kunci yang ia miliki.
Setelah memaksa oblivia berhasil masuk ke ruang koleksi dan diantarkan ke ruang penyimpanan, ternyata apa yang di cari oblivia sudah hilang, petunjuk satu-satunya yang tertinggal dalam berangkat kosong tersebut adalah sebuah lilin.
Dari jauh Rick Jasson dan Maruk mengamati oblivia dan mencermati apa yang ia lakukan dalam berangkat tersebut.

Bab 10, mengikuti petunjuk :
Setelah mendapoatkan beberapa petunjuk Jasson dan Rick mulai menyadari bahwa petunjuk yang di tinggalkan ulysess more berada di sekeliling mereka yang menunjukan pada sebuah berangkas dalam ruang koleksi.
Petunjuk tersebut berbentuk sandi sebagai berikut :

Untuk sampai ke tujuan kau harus punya
Nasib baik dan bintang penuh berkat.
Carilah peta di menara
Dibawah keempat tongkat wasiat.

Dan setelah mengikuti petunjuk tersebut sampailah mereka pada 1 buah curuk yaitu tempat penyimpanan arsip yang berisi sebuah papirus. Saat akan mengambil papirus tersebut terdengar ada orang lain hadir diantara mereka, dan mereka pun bergegas mengambil papirus tersebut lalu bersenembunyi.

Ternyarta orang tersebut adalah Oblivia Newton dan dia murka ketika melihat ceruk yang ditujunya kosong, saat oblivia melihat ceruk tersebut ia merasa ada yang aneh karena menemukan lilin pada zaman tersebut dan dia tau siapa yang mengosongkan curuk tersebut.

Bab 11, ditutupi :
Saat mereka membuka papirus yang sudah berhasil didapatkan, ternyata isi papirus tersebut adalah sebuah tekateki baru dalam sebuah gulungan tua yang berbentuk simbol saat melihat teka-teki tersebut Jasson berfikir dalam misteri ini ada yang di tutupi, Jasson merasa bahwa Ulysess Moore sengaja menutup keberadaan semua yang berhubungan dengan perjalanan waktunya pada Oblivia Newton.

Sementara di agro manor Julia dan Nestor masih berharap-harap cemas namun terdengar suara aneh di loteng rumah tersebut.

Bab 12, Reuni :
Tersengar suara keramaian dari luar ruang koleksi, ternyata firaun sudah samapai di depan ruang koleksi, Jasson dan Rick mengintip dari celah jendela yang terbuka dalam ruang penyimpanan, Maruk ternyata mencari jalan keluar untuk Rick dan Jasson yang masih dalam ruang penyimpanan dan akhirnya mereka kembali bersatu, saat sedang mencari jalan keluar maruk bertemu dengan oblivia dia mengatakan akan pergi ke toko peta yang telah lama hilang.

Sementara di Agro Manor Julia dan Nestor kedatangan soerang tamu yang tidak diundang yaitu Manfred anak buah dari oblivia newton yang berusaha masuk menyelinap dalam agro manor, suasana agro manor berubah mencekam.

Bab 13, pertemuan yang aneh :
Saat kondisi sudah aman Jasson dan Rick menepati janjinya untuk menceritakan asal-usul kedatangan mereka, setelelah tau kebenaran dan asal-usul Rick dan Jasson Maruk percaya bahwa mereka adalah orang baik, namun dalam misi kali ini mencari toko peta-peta yag telah lama hilang maruk tidak bisa mendampingi karena Maruk tidak bisa keluar dari wilayah rumah kehidupan.

Kemudian Rick dan Jasson berpisah dengan Maruk mencari toko tersebut, setelah sampai di toko tersebut ternyata Oblivia telah terlebih dahuli datang kesana dan menemui pemilik toko namun pemilik toko tersebut tidak mengetahui keberadaan peta yang hilang tersebut, namun saat Rick menceritakan teka-teki tentang ruangan yang tidak pernah ada pemilik toko tertarik mendengarkannya.

Bab 14, serangan :
Setelah mendengarkan cerita tentang ruangan tidak pernah ada ekspresi dan nada suara pemilik toko seketika berubah dan murka kemudian mencoba mengusir Rick dan Jasson dari tokona tersebut dengan Talos buaya peliharaan pemilik toko, namun Rick hanya terdiam dengan geretakan Talos, setelah melihat keberanian Rick dan Jasson pemilik toko itu tersentuh dan menceritakan kisahnya dimasa-lalu tentang ruang yang tidak pernah ada dan kebakarang yang terjadi dalam ruangan koleksi yang membuat kakinya terbakar.
Sementara oblivia sudah sampai di temat arsip yang terkubur bersama orang-orang suruhan pemilik toko.

Bab 15, Kisah Mamon :
Mamon mulai menceritakan asal-usul kebakaran yang terjadi dalam ruang koleksi yang menjadi teka-teki baginya, dahulu Mamon merupakan petugas Index dalam ruang koleksi, karena ingin memecahkan teka-teki tersebut ia menjadi ambisius dan mencari hingga akhirnya teka-teki tersebut membawanya keladam ruangan penyimpanan yang memiliki banyak cermin pantul, mamon menggeser cermin tersebut untuk mengetahui teka-teki apa yang ada di ruangan tersebut, namun pantulan cahaya dari cermin tersebut malah membakar papirus pertama yang ada di meja kemudian meja-meja pun ikut terbakar, dan dari situlah awal mula terjadi kebakaran di ruang penyimpanan tersebut. Dan sekarang Mamon bersikeras untuk menghilangkan ambisi untuk memecahkan teka-teki tersebut dan tidak mempercayai keberadaannya, mamon memberikan sebuah kesepakatan pada Rick dan Jasson jika mereka mau mengantarkan barang pada pelanggannya maka ia akan memberikan petunjuk baru bagi teka-teki yang sudah lama ia simpan.

Sementara di Agro manor Mafred masih berusaha mencari jalan masuk menuju rumah utama dan Nestor menceritakan bahwa Mafred adalah anak buah Oblivia, dan Oblivia sangat terobsesi ingin memiliki Agro manor.

Bab 16, Pengantar barang :
Jasson dan Rick setuju untuk menjadi pengantar barang bagi pemilik toko, dan mereka mulai mengantar pesanan pemilik toko, pesanan pertama sampai tepat waktu dan mereka diberi imbalan, dan imbalan tersebut dibelikan makanan untuk mereka, sedangkan pada pesanan kedua merka hanya mendapat bentakan karena terlambat menyampaikannya.

Dilain tempat oblivia masuk kedalam sebuah gua tempat arsip yang terkubur di ruang bawah tanah dan ia menemukan sebuah kartu nama tukang cukur di kilimore cove.

Bab 17, penipuan :
Saat Rick dan jasson menyelesaikan tugasnya ternyata mamon tidak menepati janjinya dengan alasan ruangan itu tidak pernah ada, namun jasson dan rick mendesak untuk memberi petunjuk dan akhirnya Mamon memberikan petunjuk nya yaitu lagu balada dua kekasih pada bait terahir.

Setelah mendapatkan petunjuk berikutnya Rick dan Jasson segera bergegas dari toko tersebut, dan saat Jasson dan Rick keluar oblivia melihat dan murka kepada pemilik toko.

Bab 18, balada dua kekasih :
Balada kasih tersebut merupakan teka-teki yang tersembunyi dalam kisah balada dua kekasih adalah perumpamaan dari matahari dan bulan, yaitu pasangan kekasih yang tidak pernah bersatu, dan mereka segera bergegas ke lorong yang terlupakan tersebut.

Sementara di agro manor usaha marfret semakin keras untuk memasuki rumah tersebut, namun tidak berhasil dan ia mencoba jalan lain yaotu memasuki rumah nestor yang berada di pekarangan belakang, nestor keluar untuk memastikan marfred tidak masuk dalam rumah tempat tinggalnya.

Bab 19, koridor yang terlupakan :
Saat sampai di koridor terlupakan terlihat sebuah cahaya dari patung sepasang kekasih yang dulu dipsahkan namun bisa kembali menyatu dan ternyata cahaya tersebut berasal dari sebuah cermin.

Sementara itu nestor mencari senjata untuk mengusir mafret keluar dari rumahnya, mafred megambil kunci dari rumah nestor dan tidak mengembalikannya, terjadi ketegangann diagro manor antara mafred dengan nestor yang berjuang untuk melindungi agro manor.

Bab 20, kunci yang hidup :
Cahaya yang dipantulkan cermin tersebut menuju pada sebuah kolam, dan mereka menemukan sebuah alat musik kuno berada didalamnya, dan maruk berhasil membuat alat musik tersebut bisa berbunyi dan terbuka Jasson dan Rick menemukannya Peta ruang yang tak pernah ada.

Sedangkan ketegangan di agro manor masih berlanjut saat nestor di buat tak berdaya oleh mafred tiba-tiba suara radio dan cahaya lampu dalam mobil mati, oleh julia yang berusaha menyelamatkan Nestor dari mafred. Julia memancing mafred untuk menjauh dari nestor saat mengejar julia kunci yang dirampas mafred jatuh dan saat itu pula julia mengambil kunci tersebut. Saat itu julia menyusun rencana untuk melarikan diri dari mafred namun ia mendapatkan rencana yang lebih baik yaitu menjebak mafred menuju tebing dan julia berhasil mafred jatuh ke dasar tebing.

Bab 21 membuka peta :
Jasson rick dan maruk menemukan sebuah ruangan baru yang ternyata dipenuhi banyak ular, namun pada akhirnya mereka berhasil sebuah peta tua yang bertuliskan peta cetakan pertama Kilimore cove.

Bab 22, penghianatan :
Saat menemukan peta tersebut, datanglah beberapa pemuda bersama oblivia, mereka menginginkan peta tersebut dan menrbutnya dari Jasson, jasson dipukul sasmpai pingsan dan rick dipukul hingga tidak berdaya, tak berapa lama berselang datang lah bersama oblivia Mamon yang menghianati mereka dengan memberitahukan keberadaan jasson dan rick pada oblivia demi bisnisnya dan akhirnya oblivia memiliki peta kilimore cove yang sudah lama hilang.
Bab 23, kembali ke rumah :
Setelah gagal mendapatakn peta tersebut Rick dan Jasson kembali ke tempat awal bertemu dengan maruk, mereka akan kembali pulang menuju Agro manor, tertanam di benak mereka pertanyaan apa yang sebenarnya disebunyikan Ulysses sampai diMesir.
Sementara kondisi ketegangan di Agro Manor sudah mulai mereda setelah mafred jatuh ke dasar tebing, Julia merasa sangat lelah dengan berbagai hal yang dialaminya pada hari itu, dan dia berharap Jasson dan Rick cepat kembali.

Bab 24, Di pantai :
Sementara dipantai, tergeletak seroang laki-laki dengan setelan jas hitam yang bergerak perlahan bangun dia menggenggam sebuah kunci begambar singa dan tersenyum  membayangkan bahwa Oblivia akan senang dengan apa yang berhasil ia dapatkan.

Buat kalian yang penasaran sama cerita sebelumnya dan tertarik nih sama buku ini, kalian bisa kok dateng ke toko buku terdekat dijamin gak nyesel hehe bukan promosi soalnya saya salah satu pembaca buku ini uhuhu baru punya 3 sih koleksinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar