Selasa, 13 Desember 2011

PERBEDAAN MANUSIA SEBAGAI MAHLUK SOSIAL DENGAN MANUSIA SEBAGAI MAHLUK EKONOMI



Pengertian manusia sebagai mahluk sosial yaitu manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang lain, selanjutnya interaksi ini berbentuk kelompok.

Sedangkan, pengertian manusia sebagai mahluk ekonomi yaitu manusia pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas.

Dari dua pengertian di atas dapat kita analisis perbedaan manusia sebagai mahluk sosial dengan ekonomi adalah, manusia saling tolong menolong dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, namun apabila kita melihat dari sudut pandang ekonomi semua yan manusia kerjakan di nilai dengan materi, namun apabila kita bisa melihat dari sudut pandang sosial, ada hal hal yang di butuhkan manusia terhadap suatu kelompok yang tidak bisa di bayar dengan materi atau uang, seperti kasih sayang kedua orang tua kepada anaknya

1 komentar:

  1. Materi lumayan di mengerti,dan juga mudah di pahami
    Tapi kunjungi juga blog saya
    di www.decvendegy7.blogspot.com

    BalasHapus