Rabu, 28 Mei 2014

laporan Ilmiah, non Ilmiah dan contoh laporan ilmiah

Pengertian Laporan Ilmah

Laporan Ilmiah adalah laporan yang disusun melalui tahapan berdasarkan teori tertentu dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati oleh para ilmuwan (E.Zaenal Arifin,1993).

Definisi laporan menurut F X Soedjadi :
Suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka

Dari pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa Laporan Ilmiah adalah penyampaian berita,pemberitahuan atau pertanggungjawaban lisan atau tertulis yang disusun melalui tahapan berdasakan teori tertentu dan dengan metode yang telah di tetapkan.

Fungsi Laporan Ilmiah
Seperti yang tertera dalam definisi kita dapat melihat bahwa laporan ilmiah berfungsi sebagai berikut,
  • Laporan penelitian mengkomunikasikan kepada pembaca seperangkat data dan ide spesifik. Ide spesifik. Spesifik tersebut disampaikan secara jelas dan cukup rinci agar dapat dievaluasi.
  • Laporan Ilmiah harus dilihat sebagai sumbangan dalam khasanah ilmu pengetahuan
  • Laporan Ilmiah harus berfungsi sebagai stimulator dan mengarahkan pada penelitian selanjutnya.
  • Secara ringkas, laporan memiliki fungsi informasi, pengawasan, pengambilan keputusan, dan pertanggung jawaban


Jadi dengan membuat laporan Ilmiah ini kita bisa mengevaluasi apa yang dikerjakan dan bisa melihat apa saja yang masih perlu di perbaiki dalam mengerjakan rencana agar mencapai tujuan.

Dalam menulis laporan ilmiah tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar laporan ilmiah yang dibuat sesuai, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan tentang laporan ilmiah.

1. Kegiatan menulis laporan ilmiah merupakan kegiatan utama terakhir dari suatu
kegiatan ilmiah.
2. Laporan ilmiah mengemukakan permasalahan yang ditulis secara benar, jelas, terperinci, dan ringkas.
3. Laporan ilmiah merupakan media yang baik untuk berkomunikasi di lingkungan akademisi atau sesama ilmuwan.
4. Laporan ilmiah merupakan suatu dokumen tentang kegiatan ilmiah dalam memecahkan masalah secara jujur, jelas, dan tepat tentang prosedur, alat, hasil temuan, serta implikasinya.
5. Laporan ilmiah dapat digunakan sebagai acuan bagi ilmuwan lain sehingga syarat-syarat tulisan ilmiah berlaku juga untuk laporan.
6. Laporan ilmiah, umumnya, mempunyai garis besar isi (outline) yang berbeda-beda, bergantung dari bidang yang dikaji dan pembaca laporan tersebut. Namun, umumnya, isi laporan terdiri atas tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup.

Ada 4 macam jenis Laporan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pemakainya yaitu :
1.     Laporan Lengkap (Monograf).
Laporan Lengkap (Monograf) : laporan hasil penelitian yang lengkap mencakup / berisi proses penelitian secara menyeluruh dengan mengutarakan semua teknik dan pengalaman peneliti dalam melaksanakan penelitian, teknik penulisan harus menjelaskan hal-hal yang sebenarnya terjadi.menjelaskan hal-hal yang sebenarnya terjadi di setiap tahap analisis misalnya tentang penggantian/penukaran teknik/model yang digunakan.
·         menyampaikan kegagalan yang dialami dan kendala yang dihadapi.

2.    Artikel Ilmiah.
Artikel Ilmiah : adalah perasan (inti sari) dari laporan lengkap (monograf), yang disusun lebih padat dan disesuaikan dengan jumlah halaman yang disediakan dalam jurnal-jurnal ilmiah

3.    Laporan Ringkas (Summary Report).
Laporan Ringkas (Summary Report) : adalah laporan yang disusun atau ditulis kembali berdasarkan artikel ilmiah atau studi-studi yang berkenaan dengan kepentingan masyarakat dalam bentuk yang mudah dipahami dan dengan bahasa yang tidak terlalu teknis. Laporan ini hanya memuat temuan-temuan utama saja tanpa menyajikan desain dan metode yang dipakai dalam melakukan penelitian

4.    Laporan untuk Administrator dan  Pembuat Keputusan.
Laporan untuk Administrator dan Pembuat Keputusan : ialah laporan yang memuat tentang hal-hal penting  dalam pembuatan keputusan oleh pihak pimpinan. Laporan ini tidak perlu dalam bentuk lengkap, karena pihak administrator dan pembuat kebijakan tidak memerlukan laporan demikian.

Dan perlu diketahui tidak semua laporan dikatakan sebagai laporan ilmiah, ingat suatu karya dapat dikatakan ilmiah jika memenuhi syarat sebagai berikut :
1. Penulisannya berdasarkan hasil penelitian, disertai pemecahannya
2. Pembahasan masalah yang dikemukakan harus obyektif sesuai realita/ fakta
3. Tulisan harus lengkap dan jelas sesuai dengan kaidah bahasa, Pedoman Umum
4. Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD), serta Pedoman Umum Pembentukan Istilah (PUPI)
5. Tulisan disusun dengan metode tertentu
6. Tulisan disusun menurut sistem tertentu
7. Bahasanya harus lengkap, terperinci, teratur, ringkas, tepat, dan cermat sehingga tidak terbuka kemungkinan adanya ambiguitas, ketaksaan, maupun kerancuan.

7 kriteria yang harus dipenuhi untuk membuah sebuah karya dikatakan sebagai karya ilmiah, dan seperti yang dijelaskan diatas tidak semua laporan merupakan laporan ilmiah, karena laporan berdasarkan bentuknya di bagi 2 yaitu laporan ilmiah dan laporan non-ilmiah.

Untuk mengetahui definisi Laporan semi Ilmiah atau Non ilmiah kita harus lihat pada 7 kriteria suatu laporan untuk dikatakan laporan tersebut masuk ilmiah, berati jika kita menemukan laporan yang tidak memenuhi beberapa point agar laporan tersebut bisa digolongkan kedalam laporan ilmiah maka laporan tersebut bukanlah laporan ilmiah.

Singkatnya laporan semi-ilmiah atau Non-ilmiah merupakan laporan yang disusun berdasarkan metode ilmiah namun tidak memenuhi beberapa syarat untuk dikatakan sebagai laporan ilmiah.

Bedanya laporan ilmiah di susun secara kaku dan terkonsep dengan memenuhi 7 kriteria ilmiah, sedangkan laporan Non- ilmiah hanya tidak memenuhi secara full 7 kriteria ilmiah namun kedua laporan ini disusun berdasarkan fakta dan data.

Contoh laporan Ilmiah :
  • laporan studi
  • laporan penelitian
  • dll

laporan diatas disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan dan hasil uji yang dilakukan atas suatu percobaan atau reserch lalu di buat report untuk melihat perkembangan atau hasil dari percobaan yang dilakukan dan disusun berdasarkan ketentuan.

Contoh laporan Non-ilmiah :
  • laporan wawancara
  • laporan perkiraan cuaca
  • dll

laporan diatas dibuat berdasarkan realita yang terjadi namun tidak disusun secara kaku dan terstruktur per bab seperti laporan ilmiah.

Sudah kebayang struktur laporan ilmiah seperti apa ? berikut ini contohnya :
Contoh laporan hasil Kegiatan Study Tour

LAPORAN KEGIATAN STUDY TOUR
TVRI JAMBI
UNIVERSITAS MAHAPUTERA MUHAMAD YAMIN



DISUSUN OLEH :
Bahasa inodonesia 1A
1.      KOMAR HAPIDIN
2.      LESNI MEISA
3.      RIA RESTI FAUZI
4.      SATRIA SUSANTI
5.      WITA PRAMULWATI
6.      YULNIDA
PROGRAM STUDI BAHASA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MAHAPUTRA MUHAMMAD YAMIN
SOLOK
2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kesehatan, karunia, rahmat, dan hidayah-Nya kepada kita semua, terutama penulis dan keluarga. Hanya kepada-Nya kembali segala sanjungan, kepada-Nya kami memohon pertolongan dan ampunan, dan atas ridhonya sehingga kami dapat menyampaikan hasil laporan perjalanan 13 maret 2013 agenda observasi tvri jambi.
Dalam Penyusunan laporan ini banyak hikmah yang kami peroleh dan penglaman-pengalaman berharga tentunya, penulis menyadari tidak dapat bekerja seorang diri melainkan bekerja sama dengan berbagai pihak. Maka atas terselesaikannya tugas ini, penulis
Solok , 20 maret 2013

Penulis
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang dan Masalah
Kota jambi  adalah kota yang kaya akan tempat wisata. Di kota itu banyak terdapat berbagai tempat wisata,baik tempat wisata ilmu pengetahuan,wisata rekreasi,dan wisata belanja. Dalam observasi penelitian dan penambahan ilmu pengetahuan kami mahasiswa bahasa indoensia universitas mahaputera muhamad yamin melakukan kegiatan study tour di provinsi jambi tepatnya di daerah telanai jambi.
Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal Selasa, 12 Maret 2013. Adapun tempat study tour yang kami kunjungi adalah TVRI Jambi. Selain itu,kegiatan Study Tour ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman terhadap segala kemajuan ilmu pengetahuan dan arena rekreasi.

B.  Tujuan
Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Menambah wawasan tentang beberapa tempat wisata ilmu pengetahuan dan wisata rekreasi di kota Malang
2. Menambah pengalaman para siswa dengan diadakannya Study Tour.
3. observasi mata kuliah pengantar jurnalistik

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
1.       Panitia pelaksanaan
Panitia pelaksanaan Study Tour bahasa Indonesia 1A yaitu:
a. Mahasiswa
b. Dosen Pembimbing

B.   Peserta Dan Pembina
Peserta yang mengikuti Study Tour terdiri dari mahasiswa bahasa Indonesia 1A.

C.   Waktu keberangkatan
Dilaksanakan pada:
Hari      : selasa
Tanggal: 12 Maret 2013
Jam       : 14.00 WIB
D.   Agenda kegiatan
Melakukan observasi
Hari       : Rabu
Tanggal : 13 Maret 2013
Jam        : 10-Selesai
Rekreasi
Jam       : 13:00
Tempat : Daerah percandian muara jambi

E.   Biaya
Biaya untuk mengikuti Study Tour sebesar Rp. 200,000 / org

F.    Perjalanan dan hasil kegiatan
Sebelum kami berangkat, kami berkumpul pukul 15`00, kami pun segera mengambil memeriksa barang-barang kami apakah ada perlengkapan yang tertibggal atu kekuranagn perlengkapan yang dipimpin oleh ketua. Setelah itu,sekitar pukul 14`00 ,kami siap-siap meluncur ketujuan tetapi demi keselmatan bersama kami bedo`a seraya kami diberikan kemudahan dan keselmatan dalam perjalanan yang dipimpin oleh sudara komar hapidin. kami naik ke bis untuk mengunjungi tempat daerah telanai TVRI Kota Jambi.
Kendaraan yang kami tumpangi adalah kendaraan mewah tampalo bermuatan 31 penumpang, berbahan bakar solar ukuran sedang. Adapun peserta yang mengikuti study tour ini berangotakan 27 mahasiswa, diantaranya:
1. Komar hapidin
2.Rival sang pratama
3.Yocha riski perdana
4. Yusandry
5. Susi syafriati
6. Rini aulia
7. Helmi yanti
8. Fitri akhir ramadhan
9. Fitri yanti 
10.    Dzakiatur ramdahni
11.  Widia sefti kurnia
12.  Shanty
13.  Afdhola wahida
14.  Ermadenis
15.  Laila
16.  Naini
17.  Lesni maisa
18.  Sri wahyuni
19.  Tria wilis
20.  Riesna Ardiansis
21.  Marleni yulia
22.  Lola Devita Sari
23.  Elvi
24.  Putri
25.  Wita pramulyawati
26.  Wildani rahmi
27.  Ria resti fauzi
28.  Anggi
Adapun dosen pembimbing kami adalah bapak IRWADI, S.Sn, M.Pd   beserta istri, 1 orang supir dan 2 stokar. Dalam perjalanan kami menghabiskan canda ria, tertawa dan akhirnya suara itu hilang akibat cauaca hujan yang lebat menamai perjalanan kami. Kami semua terlelap dan akhirnya kami singgah di daerah sijunjung tepatnya daerah batu gadang, kami mulai membuka bekal kami untuk persiapan perjalanan yang telah disediakan dari rumah, tidak lupa kami melakuakn suatu kewajiban kepada sang khalik.
            Pada pukul 19`30 kami sampai di terminal kiliran jao, yang merupakan persimpangan arah pekan baru-padang, sekitar 1 jam lebih kota darmasraya yang bakal kami lewati, cuaca semakin membaik ketika perjalanan kami melewati kabupaten darmasraya. Pukul 23`00 kami sampai di rumah makan muarao bungo tepatnya di daerah persimpangan tugu Jl. Lintas sumatera arah sarolangun-bangko. Sekitar 1 jam kami melakuakn rehat dan kamipun melakuakn perjalanan kembali. Terlihat rekan-rekan sangat lelah.
Tepat pukul 6 pagi kami sampai di kota tujuan kami, semua terbangun sambail melihat suasana kota jambi waktu itu. Kami melakukan persiapan untuk melangkah agenda berikutnya, sarapan kami lakukan dan pada pukul 10`00- kami melakukan acara inti yaitu melakukan observasi:
Acara pertama:
1.      Taa`ruf
2.      Melihat kegiatan petugas TVRI.
3.      Pembukaan acara oleh dosen pembimbing bapak IRWADI, S.Sn, M.Pd
4.      Penjelasan dari bapak direktur menganai program dan visi TVRI Jambi oleh bapak Sahid.
5.      Tanya jawab mengenai program dan skil dalam industry.
6.      pembagian kelompok.
7.      Melakukan observasi keliling 3 lokasi.
A.    Lokasi industry (room produksi)
B.     Lokasi filter (penyaringan bahan berita atau program)
C.    Lokasi finising

8.      Pihak TVRI melakukan wawancar kepada 4 mahasiswa yaitu :
Komar hapidin, rival sang pratama, dzakiatur ramadhani dan widia septi kurnia, merupakan bahan pemberitaan sebagai kehormatan bagi universitas maha putera Muhammad yamin.
9.      Pihak menyatakan “ ini merupakan kebanggan dan kehormatan bagi all crew tvri jambi atas kedatangan mahasiswa ummy”
10.  Penutup penyerahan kenang-kenangan oleh bapak IRWADI, S.Sn, M.Pd.
11.  Acara foto bersama.

Program acara kami selanjutnya adalah melakukan kegiatan refresing, didaerah muara jambi sekitar 30 km dari pusat kota.
Nama daerah: muara jambi
Wisata          : percandian
Luas             :15 hektare.

Pada pukul 14`00 kami melakukan persiapan untuk kembali ke kota solok. Pada pukul 7`00 pagi kami tiba di depan kamus UMMY dengan selmat.




Documenter
1. Penyerahan kenang-kenangan oleh IRWADI, S.Sn, M.Pd.
2.Suasana pemberian materi dan penjelasan visi dan misi oleh bapak wakil direktur teknik TVRI jambi
3.Bapak irwadi beserta istri
4.Pemberian materi dan melakukan penjelsan  oleh direktur teknik kepada mahasiswa diruangan room industry
5. Suasana serius yang diperagakan oleh mahasiswa dalam acara ini.
6. Foto bersama didepan gedung TVRI telanai jambi.



PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari penulisan laporan ini,penulis dapat menyimpulkan bahwa obyek-obyek wisata di Indonesia beraneka ragam. Sebagai warga Negara yang baik, sudah sepantasnya kita menjaganya agar tetap lestari dan wisatawan domestic maupun mancanegara betah di Indonesia.Sehingga bias meningkatkan devisa Negara. Bukan itu saja dari hasil observasi kami memperoleh ilmu pengrtahuan yang mendalam mngenai ilmu jurnalisitik

B. Saran
Penyusun dengan segala keterbatasan yang ada, menyadari bahwa laporan ini masih sangat jauh dari sempurna.Oleh karena itu,kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Akhirnya, penyusun berharap,mudah-mudahan laporan ini bermanfaat bagi pembaca.

Sekian artikel tentang Laporan ilmiah dan Non Ilmiah semoga dengan membaca artikel ini kalian bisa membedakan Laporan Ilmiah dan Non ilmiah juga bisa mengetahui struktur dari laporan tersebut, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan thank you for reading

Sumber artikel :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar