Rabu, 09 Oktober 2013

Proses pengambilan keputusan oleh konsumen

Proses pengambilan keputusan pembelian :
Prilaku pasar merupakan prilakan suatu ilmu yang mempelajari mengamati prilaku individual sebagai konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Kali ini kita akan membahas mengenai model proses pengambilan keputusan dalam pembelian yang dilakukan oleh konsumen yang memiliki kebutuhan untuk di penuhi.

Dalam Proses pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) oleh decider (penentu) melalui beberapa tahap sehingga keputusan tersebut diambil, yaitu sebagai berikut :
1.    Perumusan Masalah
2.    Pengumpulan Informasi
3.    Pengembangan
4.    Penentuan alternatif terbaik atau pengambilan keputusan
5.    Kegiatan yang di lakukan setelah keputusan di ambil

Masalah :
Adanya kesenjangan yang terjadi antara keadaan sekarang (kondisi nyata) dengan keadaan yang di harapkan (kondisi ideal)

Informasi :
Informasi di butuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan

Evaluasi Alternatif :
Alternatif pilihan untuk menelakukan pembelian atau tidak  produk tertentu (merk) tertentu yang di pengaruhi oleh pertimbangan atribut

Keputusan :
Hasil evaluasi alternatif yaitu keputusan pembelian atau tidak terhadap suatu produk

(Budiarto, teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta: gunadarma )                 

a.  Model Perilaku Pengambilan keputusan

·    Model Ekonomi yang dikemukakan oleh ahli ekonomi klasik dimana keputusan orang itu rasional, yaitu berusaha mendapatkan keuntungan marginal sama dengan biaya marginal atau untuk memperoleh keuntungan maksimum

·  Model Manusia Administrasi Dikemukan oleh Herbert A. Simon dimana lebih berprinsip orang tidak menginginkan maksimalisasi tetapi cukup keuntungan yang memuaskan

·   Model Manusia Mobicentrik Dikemukakan oleh Jennings, dimana perubahan merupakan nilai utama sehingga orang harus selalu bergerak bebas mengambil keputusan

·  Model Manusia Organisasi Dikemukakan oleh W.F. Whyte, model ini lebih mengedepankan sifat setia dan penuh kerjasama dalam pengambilan keputusan

·     Model Pengusaha Baru Dikemukakan oleh Wright Mills menekankan pada sifat kompetitif

·     Model Sosial Dikemukakan oleh Freud Veblen dimana menurutnya orang sering tidak rasional dalam mengambil keputusan diliputi perasaan emosi dan situasi dibawah sadar

b.   Model Preskriptif dan Deskriptif
Fisher mengemukakan bahwa pada hakekatnya ada 2 model pengambilan keputusan, yaitu:
·      Model Preskriptif Pemberian resep perbaikan, model ini menerangkan bagaimana kelompok seharusnya mengambil keputusan.

·  Model Deskriptif Model ini menerangkan bagaimana kelompok mengambil keputusan tertentu


Tipe Pengambilan keputusan ( Decision making) : adalah tindakan manajemen dalam pemilihan alternative untuk mencapai sasaran.

Keputusan dibagi dalam 3 tipe :

(1) Keputusan terprogram/keputusan terstruktur : keputusan yg berulang2 dan rutin, sehingga dapt diprogram.

(2) Keputusan setengah terprogram / setengah terstruktur : keputusan yg sebagian dpt diprogram, sebagian berulang-ulang dan rutin dan sebagian tdk terstruktur.

(3) Keputusan tidak terprogram/ tidak terstruktur : keputusan yg tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi.


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMECAHAN MASALAH

Konsumen menggunakan pemecahan masalah yang terbatas ketika mereka melakukan sedikit usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh konsumen ketika membeli suatu produk yang telah mereka gunakan sebelumnya

Faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan pemecahan masalah :
1.Alternatif-alternatif dibedakan dengan cara yang relevan
2.Tersedia waktu yang memadai
3.Terdapat tingkat keterlibatan (relevansi pribadi) yang tinggi yang menyertai
pembelian.

Terdapat 5 faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian:
1.Motivasi (motivation)
2.Persepsi (perception)
3.Pembentukan sikap (attitude formation)
4.Integrasi (integration)
5.Pembelajaran (learning)

D. PEMBELIAN
Struktur Keputusan Membeli
Struktur keputusan membeli penting,karena sesudah menetukan kebutuhan dan mempunyai keinginan akan produk tertentu, konsumen diharapkan untuk memunculkan keputusan untuk membeli. Ada tujuh struktur keputusan membeli yang mempengaruhi konsumen

1. Keputusan tentang jenis produk
Konsumen dapat memutuskan untuk membelanjakan uangnya untuk membeli produk X atau tujuan lain selain melakukan pembelian.

2. keputusan tentang jenis produk
Konsumen memutuskan untuk membeli produk X dengan bentuk tertentu (ukuran, mutu, corak,dan sebagainya).

3. keputusan tentang merek
Konsumen memutuskan merk yang akan diambil. Perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk.

4. keputusan tentang penjualan
Konsumen memutuskan dimana akan membeli ( termasuk pedagang besar, pengecer) Harus mengetahui bagaimana konsumen memilih penjual tertentu.

5. Keputusan tentang jumlah produk
Konsumen memutuskan jumlah produk yang akan dibeli

6. keputusan tentang waktu pembelian
Konsumen memutuskan kapan harus membeli (kapan uang/kesempatan tersedia).

7. Keputusan tentang cara pembayaran
Konsumen memutuskan mode pembelanjaan yang disukainya

E. DIAGNOSA PERILAKU KONSUMEN

Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal,yaitu
1. merancang strategi pemasaran yang baik
2. merencanakan keputusan
3.pemasaran sosial (social marketing)

Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen yaitu :
1.Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.

2.Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.

3.Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.

Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen serta strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar