Setiap
Usaha yang akan dijalakan harus ada yang namanya perencanaan (planning) baik
usaha sendiri ataupun usaha bersama, dalam banyak hal kita dapat melihat
apabila sebuah usaha dilakukan dengan perencanaan usaha yang dijalankan
memiliki cita-cita untuk kedepannya, seperti hasil riset kami yang di lakukan
pada Tanggal 27 Maret 2012 pada sebuah usaha menengah yaitu warung Mie Ayam
Jawa di sebuah perumahan dekat rumah salah seorang rekan kami.\
Dari
hasil wawancara kami berikut ini adalah kekuatan, kelemahan, ancaman serta visi
dan misi dari Usaha Mie Ayam Jawa tersebut.
- Nama Usaha Yang dijalani : Warung Mie Ayam Jawa
- Kekuatan : Sampai saat ini belum ada pesaing yang menetap di daerah tersebut
- Kelemahan : Tidak dapat menaikan harga karena takut konsumen beralih, selain itu di warungini belum ada variasi makanan untuk menu lain, pelayanan juga terkesan sedikit lambat kerana pelayan merupakan pemilik toko tersebut, tidak menjual Mie ayam dalam jumlah porsi yang banyaksekitar 150 mangkok dengan presentase 100 mie ayam sebagai titik impas penjualan lebih dari itu merupakan keuntungan,dengan penjualan yang sedikit hasil keuntungan yang didapatpun tidak mendapatkan hasil yang maksimal karena terkadang banyak pembeli yang ingin membeli namun kehabisan stok penjualan.
- Ancaman : Terkadang ada pedagang keliling yang akan menawarkan mie ayam kepada konsumen tanpa konsumen harus bersusah payah untuk keluar rumah.
- Visi : Dalam waktu dekat akan meningkatkan produksi agar keuntungan bertambah, menambah variasi makana yang di sediakan selain mie ayam, dan mempertahankan cita rasa khas mie ayam jawa ini.
- Misi : Membuka Restauran Mie Ayam Jawa yang menjadi usaha keluarga setelah berhasil mendapatkan keuntungan yang cukup untuk membuka cabang baru dengan tempat yang lebih besar dan bisa lebih meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.
Dari hasil Riset yang ada kami menyimpulkan bahwa setiap
usaha yang memiliki target untuk kedepan akan mendapatkan sesuatu yang harus di
capai dengan kerja keras dan planning usaha tersebut akan bisa memprediksi apa
yang harus di pertahankan untuk mempertahannkan konsumen, bagaimana cara
menarik minat konsumen, lalu apa yang akan di lakukan dalam jangka panjang
maupun apa yang akan di lakukan dalam jangka panjang dalam melakukan usaha ini.
Apabila kita bandingkan usaha kecil dengan usaha yang besar
dengan karyawan yang lumayan banyak palnning untuk mengambil tindakan mungkin
akan lebih rumit karena butuh banyak usaha untuk menjaga kelangsungan hidup
usaha yang di lakukan sekaligus menambah keuntungan yang ada untuk terus
mengembangkan usaha.
Diposting By:
-Nadia Fadhila (15211068)
-Ade Wilistyany (18211284)
-Indra Kurniawan (13211595)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar