Minggu, 13 November 2011

HUBUNGAN ANTARA ILMU BUDYA DASAR (IBD) DENGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SERTA PERBEDAAN KEDUANYA




Landasan Teori:
Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya
Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi
PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR (IBD)

Budaya
atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya juga merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.



PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL(IPS)
Ilmu sosial (Inggris:social science) atau ilmu pengetahuan sosial (Inggris:social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya
Pengertrian IPS Menururt para ahli
-       Edgar B Wesley menyatakan bahwa social studies are the social sciences simplified for paedagogieal purposes in school. The social studies consist of geografy history, economic, sociology, civics and various combination of these subjects.

-       Moeljono Cokrodikardjo mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan
dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan
integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi
manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.

Dari kedua pendapat di atas secara garis besar pengertian Ilmu pengetahuan sosial adalah penelaahan atau kajian tentang “masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Dari kedua pengertian ILMU BUDAYA DASAR (IBD) dengan ILMU PENGETAHUAN SOSIAL  (IPS) di atas kita bisa mengambil kesimpulan adanya hubungan antara ilmu budaya dasar dengan ilmu pengetahuan sosial, serta perbedaan antara keduanya.
1.     Hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial

Pengertian Ilmu Budaya Dasar : pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial: kajian tentang “masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dari pengertian diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat kesamaan atau hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu sama-sama mempelajari dan mengkaji masalah-masalah manusia dengan berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) seperti pengetahuan Sosial  didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai
disiplin dalam pengetahuan budaya dengan hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

2.    Perbedaan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial


Selain persamaan yang ada antara kedua disiplin ilmu ini ternyata memiliki perbedaan, dari pengertian yang di kemukaan di atas kita dapat melihat bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Sumber referensi :





http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu
http://www.google.co.id/#sclient=psy-ab&hl=id&site=&source=hp&q=pengertian+ilmu+pengetahuan+sosial&psj=1&oq=pengertian+ilmu+pengetahuan+sosial&aq=f&aqi=&aql=&gs_sm=e&gs_upl=8835l25643l0l25911l57l37l0l0l0l0l0l0ll13l0&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.,cf.osb&fp=61c94353c7c991e5&biw=1366&bih=665

Tidak ada komentar:

Posting Komentar