Landasan Teori:
Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah
seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi-segi
ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan
kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu
diperoleh dari keterbatasannya
Ilmu
bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum
sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori
yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode
yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu
terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang
dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi
PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR (IBD)
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya juga merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Budaya
adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan
luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur
sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia
Secara sederhana IBD
adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
PENGERTIAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL(IPS)
Ilmu
sosial (Inggris:social science) atau ilmu pengetahuan sosial (Inggris:social
studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang
berhubungan dengan manusia dan
lingkungan sosialnya
Pengertrian IPS Menururt para ahli
- Edgar B Wesley menyatakan bahwa social studies are the social sciences
simplified for paedagogieal purposes in school. The social studies consist of
geografy history, economic, sociology, civics and various combination of these
subjects.
- Moeljono Cokrodikardjo mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan
dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan
integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi
manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan
integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi
manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
Dari kedua pendapat di atas secara garis besar
pengertian Ilmu pengetahuan sosial adalah penelaahan atau kajian tentang
“masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari
berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah,
geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek
psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Dari kedua pengertian
ILMU BUDAYA DASAR (IBD) dengan ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) di atas kita bisa mengambil kesimpulan
adanya hubungan antara ilmu budaya dasar dengan ilmu pengetahuan sosial, serta
perbedaan antara keduanya.
1. Hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengertian Ilmu Budaya Dasar : pengetahuan yang diharapkan dapat
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial: kajian tentang “masyarakat”. Dalam
mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif
sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi,
sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang
disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Dari pengertian diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat
kesamaan atau hubungan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial,
yaitu sama-sama mempelajari dan mengkaji masalah-masalah manusia dengan berbagai
aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan yang
dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik
dari segi masing-masing keahlian (disiplin) seperti pengetahuan Sosial didalam pengetahuan budaya, maupun secara
gabungan (antar bidang) berbagai
disiplin dalam pengetahuan budaya dengan hakekat manusia yang satu atau
universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan
masing-masing jaman dan tempat.
2. Perbedaan antara Ilmu Budaya Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
Selain persamaan yang ada antara kedua disiplin ilmu ini ternyata
memiliki perbedaan, dari pengertian yang di kemukaan di atas kita dapat melihat
bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial menekankan
penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif
dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan
cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi
manusia di masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS
tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan
tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu
http://www.google.co.id/#sclient=psy-ab&hl=id&site=&source=hp&q=pengertian+ilmu+pengetahuan+sosial&psj=1&oq=pengertian+ilmu+pengetahuan+sosial&aq=f&aqi=&aql=&gs_sm=e&gs_upl=8835l25643l0l25911l57l37l0l0l0l0l0l0ll13l0&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.,cf.osb&fp=61c94353c7c991e5&biw=1366&bih=665
Tidak ada komentar:
Posting Komentar