Jumat, 11 Oktober 2013

Manajemen diri sendiri

Dalam kehidupan organisasi manajemen digunakan  sebagai alat atau sebuah proses untuk sebuah tujuan yang direncanakan.

dalam kehidupan seorang manusia pasti memiliki tujuan yang mungkin akan terus di kejarnya, orang-orang yang sukses butuh proses berkali-kali kegagalan sampai hampir putus asa menjalaninya namun dia tetap berusaha walaupun perlahan tetap berjalan hingga mendapatkan ke suksesan atas usahanya.

Gimana sih caranya supaya kita bisa mencapai segala tujuan yang kita sudah impikan sejak lama? Mugkin pertanyaan ini selalu terngiang saat apa yang kita peroleh tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Pengalaman tersebut terjadi pada diri saya sendiri seperti cambuk sakitnya luar biasa saat harapan tidak sesuai dengan realita, mungkin hal ini pernah terjadi pada hidup anda?

Sebenarnya hasil merupakan ceriminan usaha yang telah kita lakukan jadi apabila kita mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan berati terjadi penyimpangan terhadap apa yang kita rencanakan dan kita usahakan, dalam menempatkan tujuan yang akan dicapai fungsi manajemen dapat kita terapkan dalam membantu kita untuk mencapai apa yang menjadi target dimasa yang akan datang.
Ada yang tau fungsi manajemen ?
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Directing
4.      Controling

Planning : apa sih yang kamu mau tuju dalam hidup ? buat list jangka panjang dan jangka pendek, misalnya jangka panjang ingin jadi orang sukses, sedangkan rencana jangka pendek kayak misalnya minggu ini mesti belajar ngerjain tugas atau nilai yang harus di kejar.

Organizing : kita liat dari apa yang kita planning mana yang terlebih dahulu harus di lakukan sesuai dengan jangka waktu yang paling pendek yaitu rencana esok hari, misal rencana kita besok mau bangun pagi ya kita kondisikan bangun pagi dengan bantuan apa? Alarem atau minta tolong bangunin orang tua atau bisa bangun sendiri, kira kira seperti itu.

Directing : laksanakan hal yang mendukung apa yang kita rencanakan dan sudah dalam jangka waktu yang akan kita kerjakan terlebih dahulu, setelah itu libatkan alat alat pendukung seperti apa yang telah kita pilih sebelumnya, misalnya menggunakan jam alarem untuk bangun pagi maka sebeum tdur, kita pastikan alarem sudah menyala dan akan berbunyi di waktu yang tepat, selain itu waktu istirahat yang tepat tidak kekurangan istirahat agar esok paginya aktifitas yang akan di jalankan akan berjalan dengan baik

Controling : apabila semua sudah di tentukan, sesring mungkin mengadakan evaluasi untuk mengetahui kelemahan atau kendala yang kita hadapi untuk memperbaiki diri apakah sudah sesuai dengan planning awal atau kah menyimpang.

Setelah melakukan fungsi manajemen kita berdoa dkepada tuhan dengan usaha yang telah kita lakukan, Apabila kita terbiasa untuk memanajemen diri kita sendiri dan sudah berusaha dengan maksimal kita akan mendapatkan goal yang kita inginkan apabila masih belum sesuai maka berusahalah lebih  baik dari sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar