Minggu, 13 April 2014

Karangan Ilmiah Populer

Karangan Ilmiah populer, sebenarnya apasih yang dimaksud dengan karya ilmiah populer itu? Apakah ada perbedaan antara karangan ilmiah dengan karangan ilmiah populer dari pertanyaan- pertanyaan di atas munculah ide untuk membahas mengenai karya tulis ilmiah populer.

Dalam artikel ini akan coba di bahas sebenarnya apa yang di maksud dengan karangan ilmiah populer dan apa bedanya karangan ilmiah dengan karangan ilmiah populer.

Karya ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang di buat berdasarkan data dan fakta yang ada dalam masyarakat, diuji serta dipublikasikan dengan bahasa yag baku, struktur yang kaku serta dapat di uji kebenarannya.

Menurut Drs. A. Kardiyat Wiharyanto, sekitar karya ilmiah bagi para guru, dalam suatu seminar-lokakarya, 1992 faktor yang menyebabkan seseorang merasa sulit untuk mengungkapkan inspirasinya atau aspirasinya lewat tulisan ilmiah adalah :
1. Kurangnya kemampuan berfikir kritis, untuk menggali persoalan dengan tajam dan luas
2. Kurangnya kemampuan seseorang untuk mengorganisisr pikiran
3. Kurangnya kemampuan berbahasa dan menggunakan logika
4. Adanya rasa takut tidak ilmiah

Pengertian Karangan Ilmiah dan karangan Ilmiah populer
1.     Pengertian karangan ilmiah
·  Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

·       Brotowidjoyo (1985: 8-9) mengatakan bahwa “karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis  menurut metodologi penulisan yang baik dan benar

Dari kedua pengertian tentang karangan ilmiah diatas bisa di simpulkan bahwa karangan Ilmiah merupakan laporan tertulis yang menyajikan fakta di tulis menurut metodelogi penulisan yang baik dan benar
2.     Pengertian Karangan Ilmiah populer
·     Amir dalam bukunya yang berjudul dasar- dasar Penulisan Karya ilmiah (tahun 2007;halaman 144) Beliau mengatakan bahwa “Karangan ilmiah populer adalah karangan ilmiah yang berisi pembicaraan tentang ilmu pengetahuan dengan teknik yang sederhana mengenai hal- hal tentang kehidupan sehari- hari”.

·      Prof.Dr. Suhardjono dalam bukunya yang berjudul Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (tahun 2001;halaman 35) Beliau mengatakan bahwa “karangan ilmiah populer yaitu pengetahuan ilmiah yang disajikan dengan tampilan format dan bahasa yang lebih enak dibaca & dipahami, fakta yang disajikan harus tetap obyektif dan dijiwai dengan kebenaran dan metode berfikir keilmuan”.

Dari kedua pengertian tentang pengertian karangan ilmiah populer diatas kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian karangan ilmiah adalah karangan tentang penhgetahuan yang disajikan berdasarkan fakta dan data  dengan bahasa yang umum dan dapat dipahami orang lain.

Kesimpulan : Dari kedua pengertian karya tulis ilmiah dengan karya tulis ilmiah populer  diatas menurut pendapat para ahli kita dapat melihat perbedaan Karya tulis ilmiah dengan karya tulis ilmiah populer terletak pada kaidah penulisan, metode yang di gunakn dalam penulisan, pembaca dan penyajian.

Berikut ini ciri-ciri, kerangka karangan dan tahapan penulisan ilmiah populer :
·     Ciri- ciri Karangan ilmiah Populer
a. Karangan ilmiah populer disusun seperti kerucut terbalik
b. Menggunakan bahasa yang komunikatif.

·     Kerangka Karangan Ilmiah Populer
a. Pendahuluan
b. Isi tulisan
c.  Penutup      
 
·     Tahapan yang harus di lalui untuk menulis karangan ilmiah populer :
a.   Menemukan isu yang akan di bahas teraktual
b.  Menjabarkan masalah yang terjadi di dalam masyarakat saat ini dengan pertanyaan
c.   Susun jawaban dari pertanyaan yang sudah di buat secara berurutan dengan bahasa yang umum digunakan

Karangan Ilmiah populer lebih sederhana struktur dan bahasanya sehingga mudah di mengerti masyarakat umum, meskipun bahasa dan struktur dari karangan ini sederhana data yang di muat dalam karangan ilmiah populer ini merupakan fakta real yang diambil dari fenomena yang terjadi di kehidupan masyarakat yang sedang populer saat diterbitkannya karangan ilmiah populer.

Jadi sudahkah kalian bisa membedakan karangan ilmiah dengan karangan ilmiah populer J, sekian artikel tentang karangan ilmiah populer dan perbedaannya dengan karangan ilmiah.

Sumber artikel :

Daftar  Pustaka
A.G Hariyan dkk (halaman 119-120)., Metode penulisan dan penyajian karya ilmiah, tahun 2000 penerbit: buku kedokteran, jakarta. 
Dra. Vero s dan Alyos w (halaman 75-77) Menjadi penulis, pustaka widyatama.seri kompetisi menulis

Daftar Link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar