Sabtu, 18 Oktober 2014

artikel Ekonomi dan Bisnis

perbedaan sumber daya, letak geografis dan kebutuhan mendoong masyarakat dunia mencari cara untuk memenuhi kebutuhannya salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan adalah melalui perdagangan ineternasional, tujuan dari perdaganagan internasional selain memenuhi kebutuhan dalam negri adalah provit atau keuntungan, seperti perluasan pasar dan lainnya. dalam perdagangan internasional transaksi yang dilakukan adalah eksport dan import.

diambil dari wikipedia pengertian perdagangan internasional adalah:
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihat Jalur Sutra, Amber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.


Untuk memperoleh laba atau keuntungan bagi pendapatan keuangan negara nilai Ekspor harus lebih besar dibandingkan dengan nilai Impor, namun dalam sebuah artikel tanggal 17 oktober memberitakan bahwa kementrian perdagangan menurunkan target impor sebesar USD 5,7 miliyar. Hal ini dikarenakan turunnya harga komoditas utama ekspor indonesia akibat belum pulihnya perekonomian dunia.


Jum'at, 17-10-2014 20:49
  
Ilustrasi Perdagangan (Foto: Aktual.co/Istimewa)
"Untuk tahun 2014, Kementerian Perdagangan mengkoreksi target ekspor Indonesia dari sebelumnya USD190 miliar menjadi USD184,3 miliar," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (17/10).

Jakarta, Aktual.co — Pemerintah merevisi target ekspor Indonesia 2014 sebesar USD5,7 miliar dari sebelumnya ditargetkan sebesar USD190 miliar, menjadi USD184,3 miliar atau hanya mengalami kenaikan 0,9 persen dari kinerja ekspor tahun 2013.

"Untuk tahun 2014, Kementerian Perdagangan mengkoreksi target ekspor Indonesia dari sebelumnya USD190 miliar menjadi USD184,3 miliar," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (17/10).

Lutfi mengatakan, jika dibandingkan dengan kinerja ekspor pada 2013 lalu yang tercatat sebesar 182,6 miliar dolar AS, sesungguhnya pertumbuhan ekspor ditargetkan sebesar 4,1 persen, namun, dengan adanya koreksi tersebut maka pertumbuhan hanya menjadi sebesar 0,9 persen.

Menurut Lutfi, koreksi target ekspor tersebut lebih disebabkan turunnya harga komoditas utama ekspor Indonesia dikarenakan masih belum pulihnya perekonomian dunia, dan menekan harga komoditas unggulan Indonesia.

"Seperti kita ketahui, perekonomian dunia dikoreksi, dari sebelumnya diprediksi sebesar 4,7 persen menjadi 3,1 persen, dan hal tersebut diikuti pula dengan banyaknya komoditas Indonesia yang tergantung dengan pasar dunia," tutur Lutfi.

Lutfi menjelaskan, seperti harga Crude Palm Oil (CPO) telah mengalami penurunan harga sebesar 21,7 persen dari 928 dolar AS per metrik ton menjadi 726 dolar AS per metrik ton, batu bara turun 15,4 persen dari 78,6 dolar AS/MT menjadi 66,4 dolar AS/MT.

Selain itu, karet juga mengalami penurunan yang cukup tajam mencapai 28,79 persen, dari sebelumnya 2.230 dolar AS/ton menjadi 1.588 dolar AS/ton, tembaga turun enam persen dari sebelumnya 7.291 dolar AS/MT menjadi 6.782 dolar AS/MT, dan bijih besi yang turun lebih dari 35 persen dari 128 dolar AS/MT menjadi 82 dolar AS/MT.

"Kendati banyak penurunan yang drastis tersebut, kita melihat pertumbuhan ekonomi di negara tujuan ekspor seperti Tiongkok, India, Inggris, Amerika Serikat dan Taiwan masih menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik," ucap Lutfi.

Menurut Lutfi, pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang sebelumnya diprediksi 7,4 persen, naik menjadi 7,5 persen, sementara India dari 4,6 persen menjadi 5,7 persen, Taiwan dari 3,1 persen menjadi 3,7 persen, dan Amerika Serikat dari 1,9 persen menjadi 2,5 persen.

"Kita harus mengkoreksi, tapi kita masih melihat bahwa geliat pertumbuhan ekonomi dunia, terutama negara-negara tujuan ekspor masih terlihat positif walaupun ada juga yang mengalami penurunan seperti Singapura," ujar Lutfi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, secara kumulatif, kinerja ekspor Indonesia untuk periode Januari-Agustus 2014 mencapai 117,42 miliar dolar AS atau menurun 1,52 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2013 lalu.

Sementara impor, untuk periode yang sama, tercatat mencapai 118,83 miliar dolar AS atau mengalami penurunan sebesar 4,82 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2013 lalu.

Dengan demikian, defisit neraca perdagangan Indonesia untuk Januari-Agustus 2014 mencapai 1,41 miliar dolar AS kendati neraca perdagangan non-migas mampu mengantongi surplus sebesar 7,18 miliar dolar AS, namun harus tertekan dengan defisit neraca perdagangan migas sebesar 8,59 miliar dolar AS.
 (Ant)

Ismed Eka Kusuma –


Menurut artikel diatas  perekonomian dunia berimbas besar bagi perdagangan indonesia hal ini perlu dikaji sebagai pelajaran untuk bisa bertahan dari imbas penurunan ekonomi dunia. Seperti yang dilakukan negara adidaya Amerika dan negara asia terdekat seperti Tiongkok, Taiwan dan India.

Tentunya bukan hal yang mustahil jika pemerintah mau mempelajari gejala krisis perdagangan internasional hal-hal yang dapat memberikan negatif terhadap perdagangan indonesia dapat di antisipasi.

Kita lihat kedepan apakah penurunan target eksport ini dapat menjadi pelajaran bagi pengelola negara untuk mencari solusi lainnya untuk memacu kinerja dan semangat para pengusaha dalam negri untuk berinovasi dan terus bersaing dengan produk negara lain yang memiliki ciri khas tersendiri uuntuk mempertahankan target ekspor indonesia untuk tahun-tahun selanjutnya.




1 komentar:


  1. LegendaQQ.Net

    Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
    Min Depo 20Rb !!!
    Kartu Para Sang LEGENDA !!!
    WinRate Tertinggi !!!


    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + live chat : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus