Senin, 19 Januari 2015

Pasar Bebas

Hallo pembaca sekalian, hari ini saya akan menulis dan membahas tentang perdagangan bebas sebelum di bahas tentu kita harus tau dulu apa itu perdagangan bebas.

Berikut definisi Perdagangan Bebas atau Liberalisasi Perdagangan dari beberapa sumber :
Wikipedia
perdagangan bebas atau liberalisasi perdagangan adalah kebijakan di mana pemerintah tidak melakukan diskriminasi terhadap impor atau ekspor

Menurut Adam Smith
pasar bebas yaitu sebuah wadah yang dipakai untuk menampung yang dihasilkan oleh setiap individu berpangkal pada paham kebebasan yang diberikan kepada seluruh pelaku ekonomi agar dapat menjalankan kegiatan ekonomi sesuai dengan keinginan mereka tanpa adanya campur tangan dari pemerintah negara tersebut baik itu tugas presiden atau pun orang-orang yang berada di lembaga legislatif dan strukturnya

Menurut BusinessDirectory
Pengertian pasar bebas menurut businessdirectory.com adalah dimana pembeli dan penjual dapat membuat penawaran yang mereka inginkan membuat tanpa gangguan apapun, kecuali oleh kekuatan permintaan dan penawaran.

Dari ketiga definisi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa definisi pasar bebas adalah kebijakan yang mengatur, mengkondisikan pertemuan pembeli dan penjual dalam kegiatan ekonomi tanpa ada campurtangan dari pemerintah.

Setelah kita mengetahui definisi dari perdagangan internasinal, mari kita beranjak untuk membahas tentang latar belakang terjadinya perdagangan bebas.
Menurut Menurut David Ricardo, pada dasarnya perdagangan internasional didorong oleh adanya comparative advantange dimana produk di suatu negara tidak dapat diproduksi negara lain dan competitive advantange dimana negara dapat mengambil keuntungan dari spesialisasi produk yang memiliki opportunity cost lebih kecil dari negara mitra dagangnya.

Selain teori David Ricardo denga teori keunggulan absolutnya kita bisa jabarkan bahwa faktor pendorong terjadinya perdagangan bebas adalah :
1. kebutuhan yang tidak bisa terpenuhi disuatu daerah
2. produksi berlebih dalam suatu daerah
3. ketimpangan distribusi
4. tujuan memperluas pasar
Dan masih banyak lainnya

Tujuan perdagangan bebas

Tujuan utama perdagangan bebas merupakan jawaban dari latar belakang terjadinya perdagangan bebas yaitu memenuhi kebutuhan yang tidak terprnuhi yang tidak bisa di produksi didalam negri, kemudian setelah kebutuhan terpenuhi tentunya suatu daerah atau negara akan ikut serta masuk dalam pasar bebas untuk menyalurkan distribusi berlebih untuk mendapatkan keuntungan lebih tanpa adanya pihak ke 3 yang ikut campur sehingga biaya pemenuhan barang kebutuhan bisa turun dan harga dimasyarakatpun tidak akan tinggi.

Dalam setiap kegiatan tentunya ada dampak postif dan negatif dalam perdagangan bebas pun akan menimbulkan dampak positif dan negatif

Dampak positif :
1. efisiensi produksi dan biaya
2. pemenuhan kebutuhan secara efektif
3. akan timbul persaingan sehingga harga barang akan lebih murah
Dll

Dampak negatif :
1. timbul monopoli pasar
2. ketergantungan produksi
3. kecaman produk dari wilayah yang dituju
Dll

Dampak negatif ini bisa diatasi dengan proteksi dari badan usaha dunia dalam bidang perdagangan sehingga resiko dampak negatif dari perdagangan bebas bisa diminimalisir.

Era Pasar Bebas datang bukan untuk ditakuti, namun untuk dihadapi. Untuk itu kita harus bisa bersaing sehingga budaya kita tidak tertinggal jauh dan tidak hilang akibat pasar bebas.

Diartikel berikutnya kita akan membahas tentang kasus pelanggaran yang terjadi dalam era perdagangan bebas, terimakasih atas perhatiannya semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar