Sabtu, 26 Oktober 2013

Jumat, 25 Oktober 2013

Salah Pergaulan Remaja

semenjak perkembangan teknologi yang canggih, informasi apa saja dengan mudah di dapat dan sangat cepat tersebar. informasi positif maupun negatif begitu cepat menyebar tanpa kita bisa menahan arus informasi yang ada. 

perkembangan teknologi ini ternyata sangat berpengaruh terhadap berbagai sektor yang ada di bumi, semua hal menjadi mudah dengan adanya teknologi. banyak pengaruh positif namun sebanding dengan pengaruh positif the world in your hand juga berpengaruh negatif bagi nilai, norma, dan moral masyarakat sekarang ini.

mungkin masih banyak yang tidak sadar kemerosotan moral di masyarakat sungguh terjadi contohnya kita lihat kasus terbaru dari adik kita tingkat SMP tanpa rasa malu memperliatkan adegan intim dengan teman lelakinya di dalam kelas yang di saksikan teman-teman seusianya mungkin adik ini tidak mengetahui bahwa apa yang di perbuatnya bukanlah hal yang baik maka dari itu dia tidak merasa risih melakukan hal tersebut di depan teman-temannya dan kita bisa melihat di media massa video ini tersebar luas di masyarakat dengan cepat dan inilah salah satu informasi negatif yang dengan cepat menyebar luas karena teknologi.

kenapa terjadi hal demikian?
1. Penyalahgunaan teknologi inilah yang terjadi di Indonesia banyak situs prostitusi yang menayangkan hal yang tidak seharusnya di publikasikan terpublish

2. Pergaulan remaja yang tidak sesuai umur, mungkin terjadi salah presepsi di kalangan remaja saat ini yang membanggakan dirinya yang sudah terlihat dewasa dengan melakukan hal hal yang tidak seharusnya di lakukan  untuk anak remaja.

3. peran orang tua, kurangnya pengawasan orang tua biasanya dapat menjadi benteng kadang bisa menjadi bumerang saat kontroling dalam manajemen keluarga gagal di lakukan 

4. industri perfileman yang menyelipkan beberapa adegan dewasa dan banyaknya filem asing yang tidak tersortir dalam lembaga perfileman juga dapat menjadi pemicu keingintahuan remaja untuk melakukan adegan tersebut

5. Institusi Pendidikan, kurangnya pengawasan dari pihak sekolah juga menjadi peluang, misalnya pulang sekolah siswa siswi yang tidak berkepentingan tetap di sekolah ini titik kelemahan yang harus di perbaiki

6. pemerintah mungkin perlu diadakan kebijakan tentang sortir informasi serta sosialisasi tentang nilai, norma dan moral yang mulai hilang dari masyarakat terutama masyarakat perkotaan.

banyak hal yang terjadi dalam kehidupan yang tanpa kita sadari sangat mengiris hati terjadi akibat penyalahgunaan teknologi dan informasi. sekian salah pergaulan ini saya bahas mungkin untuk pelajaran buat adik adik ku semua se bangsa dan setanah air jangan bangga dengan hal hal yang menyimpang dan melanggar aturan karena sesungguhnya peraturan di buat bukan untuk di langgar. 

kemajuan teknologi bukan berarti kita lupa budaya negri kita, banyak hal positif yang bisa di kerjakan jangan rusak cita-cita kalian hanya untuk terlihat keren gaul dan populer di sekolah kalian melakukan hal negatif, jadilah dirimu sendiri untuk menjadi istimewa dan bijaklah dalam memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

semoga tulisan ini dapat menjadi perhatian pihak-pihak berkepntingan dan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. amin :)

Contoh refrensi Jurnal

untuk skripsi atau penulisan ilmiah ini dia yang di cari jurnal ilmiah kebanyakan dari kita kebingungan gimana cari jurnal ilmiah bener ga ? yah sama banget nih saya juga lagi bingung buat nyari jurnal ilmiah. biasanya dalam 1 jurnal ilmiah ada berbagai judul yang berbeda untuk di jadikan refrensi penulisan ilmiah cari jurnal sejenis yang bisa dijadikan refrensi bagi penelitian yang akan kita buat, bisa di kembangkan sedemikian rupa sehingga kita dapat mengembangkan penelitian yang sebelumnya atau kita juga bisa mendapat temuan baru atau memperbaiki penelitian yang sudah ada.

berikut ini contoh link Jurnal Ilmiah yang saya dapat dalam bentuk pdf 


karena saya anak manajemen ekonomi maka saya share salah satu contoh jurnal manajemen bisnis, dalam jurnal tersebut ada beberapa judul yang berbeda 1 sama lain namun berhubungan dengan bisnis dan manajemen. 

biasanya judul judul ini bisa di jadikan sebagai referensi penulisan ilmiah dan skripsi kalian, tapi yang di pakai untuk penulisan ilmiah adalah jurnal yang sejenis perlu di garis bawahi sejenis , maksud sejenis itu gimana sih? pasti pada bertanya tanya gimana caranya jurnal yang tadi di sahre bisa jadi refrensi dengan banyak variabel dan kebayangkan pusing nyatuin judul sebanyak itu.

maka dari itu kita perlu cari jurnal yang sejenis misal kita mau teliti tentang manajemen pemasaran tentang segmentasi pasar ajah deh yang pasti kalian udah pelajari dari tingkat 1, berati kita harus cari jurnal yang sejenis tentang segmentasi pasar saya kasih contoh nih 2 jurnal  tentang segmentasi pasar bentuk pdf



kalo udah di buka jurnalnya jurnal 1 sama jurnal 2 udah kebayang belum jurnal yang sejenis kayak gimana ?
kalo belom yuk kita bahas sama sama di situ kan ada 2 jurnal yang sama sama bahas tentang analisis pengaruh dan analisis efektifitas segmentasi pasar ? bener ? kalo udah ngeliat nih pasti kalian ingung kenapa bisa sejenis padahal 1 pengaruh yang jurnal 2 tentang efektifitas kita lihat pembahasannya jurnal 1 dan jurnal 2 sama sama mebahas tentang segmentasi pasar terhadap volume penjualan ini lah yang bisa di bilang sebagai jurnal sejenis. dari 2 jurnal yang saya dapat sebenarnya apabila di jadikan penelitian akan terjadi kristalisasi dari ke 2 judul itu untuk bisa di buat penelitian baru dan hasil dari kristalisasi  2 jurnal tersebut adalah :

Analisis Pengaruh dan Efektifitas segmentasi pasar terhadap volume penjualan

demikian yang dapat saya sampaikan, mungkin apabila terjadi kekurangan atau kesalahan dar tulisan ini mohon kritiknya untuk di perbaiki, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang lagi ngerjain PI atau Skripsi amin :) 



Rabu, 23 Oktober 2013

cerpen 1

Pelangi kecilku

Hidup indah ku pikir hanya impian di siang bolong untuk seorang anak tukang cuci yang memiliiki cita-cita tinggi sepertiku, namaku ken aku tinggal di bantaran kali yang kumuh di kota dimana orang mengadu nasib Jakarta, bagaikan lampu bagi ribuan manusia seperti laron berkumpul bersaing untuk mengadu nasib.

Aku bersekolah di sd negri 20 pagi daerah jakarta,  aku bersekolah disana karena ayah ku tukang kebun di sd 20, aku tak tau apakah aku bisa meneruskan sekolah ku hingga aku sarjana nanti, namun di dalam lubuk hati ku aku memiliki tekad untuk terus bersekolah, aku ingin memperbaiki dejajat hidup bagi ayah ibu dan ke 2 adiku.

Seusai sekolah aku langsung pulang menemui ibu yag hanya buruh cuci aku membantunya mencuci pakaian dan begitulah seterusnya, hari-hari di sekolah aku hanya menjadi ejekan teman teman seusiaku solah olah aku ini tidak pantas berteman dengan mereka bahkan guruku sendiri merasa aku tidak layak bersekolah karena tidak pernah membeli buku cetak.

Ketika mereka bertanya apa cita-citaku kelak, aku akan menjawab dengan yakin bahwa aku akan menjadi seorang sarjana dan membawa ke 2 orang tua ku saat aku menyadang gelar sarjana nanti, mereka tertawa mengejek dan mengucilkan ku mereka menganggap aku ini gila” lulus sd pun seharusnya sudah bersyukur berkacalah” itulah kata kata yang sering aku dengar.
Dengan yakin aku berkata dalam hati kuatkan hatimu, buat mereka yang menertawakanmu bangga pernah menertawakanmu dahulu, karena merekalah aku berjuang membuktikan bahwa aku bisa.
aku lulus SD dengan nilai terbaik dan aku benar-benar berjuang mendapatkan beasiswa untuk bisa masuk SMP hingga masuk SMA aku terus  berusaha dan mempertahankan keyakinanku bahwa aku bisa membawa mimpiku menjadi nyata.
Hari demi hari berlalu tiba saatnya aku masuk di penghujung tahunku di SMA dengan begitu besar perjuangan, terbesit rasa khawatir akankah aku dapat melanjutkan sekolahku hingga saatnya nanti akan bisa membuat mangga ke 2 orang tuaku.

Aku berutnung memiliki orang tua yang selalu mengerti disaat orang lain mngacuhkanku, selalu menguatkanku di saat orang lan menghinaku mereka adalah kekuatan terbesarku untuk mencapai mimpiku.

Dengan perjuangan yang begitu panjang sampai aku selesai SMA, aku tetap konsisten dengan nilai yang aku miliki beasiswa yang ku terima hingga SMA menjamin jika aku masuk Perguruan Tinggi Negri mereka akan membiayaiku hingga selesai kuliah dan bisa bekerja di perusahaan ternama di Indonesia.

Dengan jaminan tersebut aku menjadi semakin bersemangat impian pertamaku akan segera terwujud, terlihat se titik pelangi di ujung jalan kehidupan yang ku lalui.
Dan akhirnya aku masuk Universitas Indonesia dengan perjuangan keras yang berawal dari sebuah mimpi aku membawa kabar gembira ini kepada ke 2 orang tuaku, dengan berurai air mata keabahagiaan aku memeluk ke duanya dan berbisik “pak bu, ken janji ken akan terus berusaha untuk kalian doakan ken bu, pak” mereka pun terhanyut dalam suasana gembira tersebut.

4 tahun setelah itu aku pun lulus dengan nilai yang memuaskan, seperti janjiku dulu ketika aku SD saat wisuda aku membawa ke 2 orang tuaku mereka begitu terharu saat namaku di panggil dan termasuk kedalam mahasiswa yang berprestasi.


bermimpilah meraih langit karena pelangi kehidupan yang indah akan terlihat disana jika kau mau berusaha dan berjuang dengan keteguhan hati.

Jumat, 11 Oktober 2013

Manajemen diri sendiri

Dalam kehidupan organisasi manajemen digunakan  sebagai alat atau sebuah proses untuk sebuah tujuan yang direncanakan.

dalam kehidupan seorang manusia pasti memiliki tujuan yang mungkin akan terus di kejarnya, orang-orang yang sukses butuh proses berkali-kali kegagalan sampai hampir putus asa menjalaninya namun dia tetap berusaha walaupun perlahan tetap berjalan hingga mendapatkan ke suksesan atas usahanya.

Gimana sih caranya supaya kita bisa mencapai segala tujuan yang kita sudah impikan sejak lama? Mugkin pertanyaan ini selalu terngiang saat apa yang kita peroleh tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Pengalaman tersebut terjadi pada diri saya sendiri seperti cambuk sakitnya luar biasa saat harapan tidak sesuai dengan realita, mungkin hal ini pernah terjadi pada hidup anda?

Sebenarnya hasil merupakan ceriminan usaha yang telah kita lakukan jadi apabila kita mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan berati terjadi penyimpangan terhadap apa yang kita rencanakan dan kita usahakan, dalam menempatkan tujuan yang akan dicapai fungsi manajemen dapat kita terapkan dalam membantu kita untuk mencapai apa yang menjadi target dimasa yang akan datang.
Ada yang tau fungsi manajemen ?
1.      Planning
2.      Organizing
3.      Directing
4.      Controling

Planning : apa sih yang kamu mau tuju dalam hidup ? buat list jangka panjang dan jangka pendek, misalnya jangka panjang ingin jadi orang sukses, sedangkan rencana jangka pendek kayak misalnya minggu ini mesti belajar ngerjain tugas atau nilai yang harus di kejar.

Organizing : kita liat dari apa yang kita planning mana yang terlebih dahulu harus di lakukan sesuai dengan jangka waktu yang paling pendek yaitu rencana esok hari, misal rencana kita besok mau bangun pagi ya kita kondisikan bangun pagi dengan bantuan apa? Alarem atau minta tolong bangunin orang tua atau bisa bangun sendiri, kira kira seperti itu.

Directing : laksanakan hal yang mendukung apa yang kita rencanakan dan sudah dalam jangka waktu yang akan kita kerjakan terlebih dahulu, setelah itu libatkan alat alat pendukung seperti apa yang telah kita pilih sebelumnya, misalnya menggunakan jam alarem untuk bangun pagi maka sebeum tdur, kita pastikan alarem sudah menyala dan akan berbunyi di waktu yang tepat, selain itu waktu istirahat yang tepat tidak kekurangan istirahat agar esok paginya aktifitas yang akan di jalankan akan berjalan dengan baik

Controling : apabila semua sudah di tentukan, sesring mungkin mengadakan evaluasi untuk mengetahui kelemahan atau kendala yang kita hadapi untuk memperbaiki diri apakah sudah sesuai dengan planning awal atau kah menyimpang.

Setelah melakukan fungsi manajemen kita berdoa dkepada tuhan dengan usaha yang telah kita lakukan, Apabila kita terbiasa untuk memanajemen diri kita sendiri dan sudah berusaha dengan maksimal kita akan mendapatkan goal yang kita inginkan apabila masih belum sesuai maka berusahalah lebih  baik dari sebelumnya.


rencana liburan

Liburan emang masih lama, tapi gak ada salahnya kalo kita buat planning buat liburan yang akan datang, supaya kita bisa lihat berapa sih budget yang kita butuhkan untuk cost liburan kita selain itu kuntungan planning liburan adalah kita bisa survey tempat dengan harga booking yang relatif lebih menguntungkan dan tentunya kita dapatkan tempat yang kita inginkan lebuh mudah.
Langkah pertama buat planning liburan kita mesti tau dulu kita mau berlibur dimana:
Pegunungan, pantai, pulau atau tempat wisata perkebunan
Gak perlu kita cari tempat yang mahal tapi kita cari tempat yang berkesan, biasanya liburan yang berkesan akan menjadi sebuah cerita indah dalam buku catatan keindahan kita hmmmm..
Buat yang bingung cari planning tempat wisata yang akan di kunjungi  :
Untuk planning liburan untuk yang memilih planning perjalanan liburan di pantai dan gak jauh jakarta sebenarnya memiliki pantai yang lumayan bisa di kunjungi untuk sekedar melepas lelah, seperti pantai ancol atau di daerah pantai indah kapuk mungkin ? untuk daerah pantai lainnya yang di luar jakarta namun masih dalam jangkauan banyak pantai indah yang bisa kita kunjungi, pantai anyer, pantai carita, tanjung lesung  recommend bgt buat tanjung lesung disana gak kalah bagus sama carita biarpun lumayan jauh tapi semua terbayar kalo kita udah sampe disana waktu itu liat vila kalicaa di tanjung lesung dan rasanya J bisa di coba sendiri gimana seru nya perjalanan kesana.
Buat planning ke pegunungan yakk puncak kalo ini udah pasti jadi tempat favorite dehh buat penghuni jakarta yang butuh tempat melepas lelah dari segala kejenuhan jakarta tapi kalo week end itu macetnya gak banget deh buat tips yang mau liburan tanpa kena macet stuck sampe berjam jam berangkat pagi or malam sekalian tentunya kalo udah dapet vila atau hotel yang sudah di pesan sebelumnya, selain ke puncak gunung gede pangrango juga bisa di jadikan alternatif pilihan buat yang suka hiking tapi kalo gak hiking pemandangan disana sudah cukup menyejukan untuk melepas kepenatan dan rutinitas pokoknya beautifull
Nahh setelah kita tentukan pilihan dan mendapat vila tentukan yang sekiranya sesuai dengan budget namun akan berkesan nantinya , demikian tips planning liburan semoga bisa jadi pelajaran buat yang mau liburan baiknya di planning rencana liburannya supaya lebih berkesan dan gak kira kira liburannya bisa sesuai yang di harapkan .

Rabu, 09 Oktober 2013

Proses pengambilan keputusan oleh konsumen

Proses pengambilan keputusan pembelian :
Prilaku pasar merupakan prilakan suatu ilmu yang mempelajari mengamati prilaku individual sebagai konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Kali ini kita akan membahas mengenai model proses pengambilan keputusan dalam pembelian yang dilakukan oleh konsumen yang memiliki kebutuhan untuk di penuhi.

Dalam Proses pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) oleh decider (penentu) melalui beberapa tahap sehingga keputusan tersebut diambil, yaitu sebagai berikut :
1.    Perumusan Masalah
2.    Pengumpulan Informasi
3.    Pengembangan
4.    Penentuan alternatif terbaik atau pengambilan keputusan
5.    Kegiatan yang di lakukan setelah keputusan di ambil

Masalah :
Adanya kesenjangan yang terjadi antara keadaan sekarang (kondisi nyata) dengan keadaan yang di harapkan (kondisi ideal)

Informasi :
Informasi di butuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan

Evaluasi Alternatif :
Alternatif pilihan untuk menelakukan pembelian atau tidak  produk tertentu (merk) tertentu yang di pengaruhi oleh pertimbangan atribut

Keputusan :
Hasil evaluasi alternatif yaitu keputusan pembelian atau tidak terhadap suatu produk

(Budiarto, teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta: gunadarma )                 

a.  Model Perilaku Pengambilan keputusan

·    Model Ekonomi yang dikemukakan oleh ahli ekonomi klasik dimana keputusan orang itu rasional, yaitu berusaha mendapatkan keuntungan marginal sama dengan biaya marginal atau untuk memperoleh keuntungan maksimum

·  Model Manusia Administrasi Dikemukan oleh Herbert A. Simon dimana lebih berprinsip orang tidak menginginkan maksimalisasi tetapi cukup keuntungan yang memuaskan

·   Model Manusia Mobicentrik Dikemukakan oleh Jennings, dimana perubahan merupakan nilai utama sehingga orang harus selalu bergerak bebas mengambil keputusan

·  Model Manusia Organisasi Dikemukakan oleh W.F. Whyte, model ini lebih mengedepankan sifat setia dan penuh kerjasama dalam pengambilan keputusan

·     Model Pengusaha Baru Dikemukakan oleh Wright Mills menekankan pada sifat kompetitif

·     Model Sosial Dikemukakan oleh Freud Veblen dimana menurutnya orang sering tidak rasional dalam mengambil keputusan diliputi perasaan emosi dan situasi dibawah sadar

b.   Model Preskriptif dan Deskriptif
Fisher mengemukakan bahwa pada hakekatnya ada 2 model pengambilan keputusan, yaitu:
·      Model Preskriptif Pemberian resep perbaikan, model ini menerangkan bagaimana kelompok seharusnya mengambil keputusan.

·  Model Deskriptif Model ini menerangkan bagaimana kelompok mengambil keputusan tertentu


Tipe Pengambilan keputusan ( Decision making) : adalah tindakan manajemen dalam pemilihan alternative untuk mencapai sasaran.

Keputusan dibagi dalam 3 tipe :

(1) Keputusan terprogram/keputusan terstruktur : keputusan yg berulang2 dan rutin, sehingga dapt diprogram.

(2) Keputusan setengah terprogram / setengah terstruktur : keputusan yg sebagian dpt diprogram, sebagian berulang-ulang dan rutin dan sebagian tdk terstruktur.

(3) Keputusan tidak terprogram/ tidak terstruktur : keputusan yg tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi.


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMECAHAN MASALAH

Konsumen menggunakan pemecahan masalah yang terbatas ketika mereka melakukan sedikit usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh konsumen ketika membeli suatu produk yang telah mereka gunakan sebelumnya

Faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan pemecahan masalah :
1.Alternatif-alternatif dibedakan dengan cara yang relevan
2.Tersedia waktu yang memadai
3.Terdapat tingkat keterlibatan (relevansi pribadi) yang tinggi yang menyertai
pembelian.

Terdapat 5 faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian:
1.Motivasi (motivation)
2.Persepsi (perception)
3.Pembentukan sikap (attitude formation)
4.Integrasi (integration)
5.Pembelajaran (learning)

D. PEMBELIAN
Struktur Keputusan Membeli
Struktur keputusan membeli penting,karena sesudah menetukan kebutuhan dan mempunyai keinginan akan produk tertentu, konsumen diharapkan untuk memunculkan keputusan untuk membeli. Ada tujuh struktur keputusan membeli yang mempengaruhi konsumen

1. Keputusan tentang jenis produk
Konsumen dapat memutuskan untuk membelanjakan uangnya untuk membeli produk X atau tujuan lain selain melakukan pembelian.

2. keputusan tentang jenis produk
Konsumen memutuskan untuk membeli produk X dengan bentuk tertentu (ukuran, mutu, corak,dan sebagainya).

3. keputusan tentang merek
Konsumen memutuskan merk yang akan diambil. Perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk.

4. keputusan tentang penjualan
Konsumen memutuskan dimana akan membeli ( termasuk pedagang besar, pengecer) Harus mengetahui bagaimana konsumen memilih penjual tertentu.

5. Keputusan tentang jumlah produk
Konsumen memutuskan jumlah produk yang akan dibeli

6. keputusan tentang waktu pembelian
Konsumen memutuskan kapan harus membeli (kapan uang/kesempatan tersedia).

7. Keputusan tentang cara pembayaran
Konsumen memutuskan mode pembelanjaan yang disukainya

E. DIAGNOSA PERILAKU KONSUMEN

Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal,yaitu
1. merancang strategi pemasaran yang baik
2. merencanakan keputusan
3.pemasaran sosial (social marketing)

Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen yaitu :
1.Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.

2.Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.

3.Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.

Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen serta strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.


Rabu, 02 Oktober 2013

Perilaku konsumen dan cakupan prilaku konsumen

PENDAHULUAN 1



Prilaku Konsumen dan Cakupan Prilaku Konsumen

Siapa sebenarnya konsumen itu ?
Dalam mempelajari pemasaran tentunya kita sudah sering mendengar tentang konsumen, pertanyaan yang saat ini timbul adalah taukah kalian siapakah yang di definisikan sebagai konsumen.
Pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah-tangga) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, tidak ada maksud lain.

(Budiarto, teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta: gunadarma )

Dari definisi pasar konsumen kita dapat mendefinisikan bahwa konsumen adalah seseorang (individual) yang mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya, dan tidak memiliki maksud lain.

Selain itu kita dapat melihat definisi konsumen menurut hukum tertulis sebagaimana PASAL 1 ANGKA 2 UU NO. 8 TAHUN 1999 yang mendefinisikan Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak diperdagangkan

Dalam menjalankan usaha konsumen memberikan permintaan yang harus di di penuhi kebutuhannya, apabila kita dapat melihat peluang deman tersebut maka kita dapat membuat suatu usaha yang mungkin dapat menghasilkan profit apabila kita melakukan sebuah reset atau penelitian lebih lanjut sebelum menjalankan usaha yang di hasilkan peluangan yang kita dapatkan dari kebutuhan konsumen.

Ciri-ciri konsumen :
Dua wujud konsumen

1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.

2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.


Kekuatan utama yang dapat mempertajam penelitian konsumen
1.       Membantu mereka untuk mengetahui  keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen.

2.       Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang menjadi sasaran dan media baru, gunakan non-media, capailah konsumen di toko, tajamkan promosi, bekerja sama dengan pengecer.


                                                                                                                    

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

Pengertian Segmentasi Pasar dan Kepuasan Konsumen
Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berprilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar sekarang berprilaku lebih seragam. Atau proses mengkelompokanbagian-bagian pasar yang berprilaku sama dari keseluruhan prilaku pasar yang beragam.

Pengertian Segementasi Pasar menurut ahli :
a. Pride & Ferrel (1995)
mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli dan sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa.

b. Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.254)
pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik, masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing pembeli. Segmentasi yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama (Kotler, 2005, p.307).


Dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen sebuah perusahaan harus melakukan segmentasi pasar untuk melihat peluang yang ada, karena output dari sebuah segmentasi pasar adalah informasi tentang pasar sehingga perusahaan mengetahui produk apa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan konsumen.

Basis Segmentasi Pasar
Basis segmentasi pasar (pembagian pasar) bagi produk perusahaan satu dengan yang lain belum tentu sama. Basis segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat digunakan adalah aspek :
ü  Geografis ( wilayah, pemukiman, perkotaan, dsb)
ü  Demografis( usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan pekerjaan, Dsb)
ü  Psikografis( sikap, motivasi, presepsi, dsb) 
ü  prilaku yang lebih seragam( membeli, mengkonsumsi, dsb) 

Proses segmentasi pasar meliputi :
identifikasi basis segmentasi pasar> mengumpulkan informasi pasar> mengembangkan komposisi profil segmen>analisis peluang pasar>penetapan peluang pasar

Penetapan Sasaran Pasar
Penentuan pasar dilakukan untuk menentukan segmentasi yang akan di lakukan oleh perusahaan untuk mengelompokan pasar sebelum melakukan segmentasi pasar, Faktor yang perlu di perhatikan dalam menentukan dalam penetapan pasar :
ü  Luas dan pertumbuhan segmen pasar
ü  Struktur pasar
ü  Tujuan dan kapasitas perusahaan

kriteria efektifitas segmentasi pasar :
accessable (dapat dijangkau)
measureabe( dapat di ukur)
profitable(memberikan keuntungan


Segmentasi dan Profitabilitas :
Untuk mengukur efektifitas atau keberhasilan segmentasi pasar dapat di ukur dengan teori profitabilitas, apakah kegiatan segmentasi pasar yang dilakukan berpengaruh atau tidak terhadap keuntungan yang di dapat perusahaan.

(Budiarto, Teguh (1993). Dasar pemasaran. Jakarta : penerbit Gunadarma)

Contoh perusahaan :
Nama
:
Agung Podomoro Land Tbk
Kode
:
APLN
Alamat Kantor
:
Podomoro City - APL Tower, Lt. 45 Jl. Letjen. S. Parman Kav. 28 Jakarta 11470
Alamat Email
:
No. Telepon
:
021-29034567
Faks
:
021-29034556
NPWP
:
02.380.812.4-038.000
NPKP
:
-
Situs
:
Tanggal IPO
:
11-Nop-2010
Papan
:
Utama
Bidang Usaha Utama
:
Pengembangan, pengelolaan dan penyewaan properti terpadu yang meliputi apartemen, perhotelan, perkantoran, pusat perbelanjaan dan pusat rekreasi beserta fasilitasnya
Sektor
:
PROPERTY, REAL ESTATE AND BUILDING CONSTRUCTION
Sub Sektor
:
PROPERTY AND REAL ESTATE
Biro Administrasi Efek
:
PT Datindo Entrycom



Company at a glance


PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) is a leading integrated diversified real estate owner, developer and manager in the retail, commercial, and residential real estate segments with diversified holdings. We have an integrated property development model, from land acquisition and/or sourcing, to design and development, to project management, sales, commercial leasing and marketing, to the operation and management of our superblock developments, shopping malls, offices, hotels, and residential apartments and houses. We are known as a pioneer of the superblock development. Our high quality landmark projects, to name a few are Podomoro City, Kuningan City, and Senayan City.

APLN was established on July 30, 2004 under the name PT Tiara Metropolitan Jaya. In 2010, our shareholders completed a corporate restructuring, pursuant to which six developments and their holding companies were transferred to our control.APLN, is the flagship listed entity (IDX:APLN) of Agung Podomoro Group (APG), is one of the fastest growing and largest real estate developers in Indonesia with interests in superblocks, retail properties, office, apartments and residential, and hotels.APG established its first development, a housing complex in Simprug area, South Jakarta, in 1969 and completed itsconstruction in 1973. From 1973 to present, members of APG completed or begun construction of more than 70 propertyprojects, with majority addressed to middle class segments of society, with projects ranging from low cost apartments to high end apartments in South Jakarta, high end and the neighborhood mall, shop houses, hotels and office towers.

APLN combines a visionary approach to design with an emphasis on rapid execution and time to market. With our unique business model, we adopt fast churn concept with high capital turnover. Unlike other developers with massive landbank, we will only manage sizeable landbank to be directly developed mostly into mixed-use/superblock in the city. Drawing on the experience and resources of the Agung Podomoro Group, we have been responsible for bringing a number of landmark properties on the market such as our flagship Central Park development and the high profile Senayan City Mall. We also pioneered the superblock concept, bringing together residential, retail, leisure and office space within one integrated high rise development complex to create a pleasant and extremely convenient urban living space, with both sale and lease components.

Our “Back to the City” campaign has continued to provide consumers with an alternate way of living through our one-stop-living high quality Superblock developments, which offer the possibility for a balanced and pleasant urban lifestyle to thousands of consumers.

By working quickly and efficiently, our flexible and scalable model keeps use of capital and resources to a minimum at any given time. In addition, capitalizing on our network and good brand name, our strong and experienced marketing team is typically able to generate strong advance interest for cash generation through sales, deposits, and installments. We also pay close attention to the mix of revenues streams coming from sales versus recurring revenues.





Segmentasi yang dilakukan Agung Podomoro Land:
Dalam artikel tentang profil perusahaanya kita dapat melihat Agung Podomoro Land melihat ada peluang yang tercipta akibat dari pertumbuhan penduduk yang begitu luar biasa di Indonesia, maka dari itu APL ini melihat peluang bisnis untuk membuat suatu inovasi tentang sebuah hunian yang berkualitas terbaik untuk kalangan atas demi mewujudkan kenyamanan serta kepuasan bagi para konsumennya, dalam hal ini APL memutuskan untuk menjalankan bisns properti dengan konsumen kalangan atas yang mapan tentunya agar mendapatkan kenyamanan bertempat tinggal.

Setiap proyek yang akan di kerjakan oleh APL selalu mempertimbangkan aspek geografis dalam hal ini merupakan lokasi terbaik untuk sebuah hunian maupun pusat perbelanjaan dengan akses yang mudah di jangkau serta memiliki kualitas terbaik di kelasnya, karena proyek yang di tangani memiliki sasaran kalangan atas maka semua detail perlu di kerjakan sebaik mungkin, tepat waktu dan tepat sasaran.

Dari segmentasi yang dilakukan ditemukanlah peluang yang dapat di manfaatkan  dan dengan konsistensinya terhadap bidang properti ini Agung Podomoro Land berhasil membuat inovasi baru sebagai pelopor super blok yang memiliki fasilitas yang lengkap mewah serta memenuhi kebutuhan kenyamanan bagi para konsumennya. Dan dapat kita lihat proyek super blok yang sangat terkenal dari Agung Podomoro Land adalah Central Park, selain itu proyek lainnya yang tidak kalah berkembangnya adalah podomoro land, senayan city mall dan masih banyak yang lainnya.

So from the Agung Podomoro land experience we can get the conclusion if we have the choice get it, if we consistant with the time we will find the success, not now but eventually will come for anyone who wanna try and it’s work.